Densus 88 Amankan Anggota JAD, Berencana Serang Sejumlah Pos Polisi

Minggu, 13 Mei 2018 - 18:02 WIB
Densus 88 Amankan Anggota JAD, Berencana Serang Sejumlah Pos Polisi
Densus 88 Amankan Anggota JAD, Berencana Serang Sejumlah Pos Polisi
A A A
BEKASI - Detesemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap seorang terduga teroris di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Penangkapan MI alias AB berbarengan dengan ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

Informasi yang dihimpun, penangkapan MI merupakan pengembangan dari ditangkapnya empat terduga teroris di sekitar Stasiun Tambun, Bekasi, beberapa waktu lalu. Terduga teroris yang ditangkap di Cikarang Selatan ini merupakan bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jabodetabek.

MI diduga kuat memiliki hubungan dengan narapidana kasus terorisme, KR dan NS. MI juga diduga terlibat melakukan pelatihan semi militer di Sukabumi serta melakukan perencanaan penyerangan di sejumlah pos polisi di wilayah Bogor, Bandung, Jakarta, dan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Aksi itu dilakukan dengan sistem hit and run menggunakan senjata, panah yang busurnya dilengkapi bom, serta pisau komando.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma, membenarkan adanya penangkapan terhadap terduga teroris oleh Densus 88 di wilayah Cikarang Selatan. "Benar ada penangkapan. Proses selanjutnya masih dilakukan oleh Densus 88 Mabes Polri,” ujar Kombes Candra, Minggu (13/5/2018).

Saat penangkapan MI, kata dia, pihaknya diminta untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi penangkapan. Sebab terduga teroris MI sedang berada di dalam rumah orang tuanya di Cikarang Selatan. (Baca juga: Hendak Serang Mako Brimob, Empat Terduga Teroris Tewas Ditembak)

Adapun penangkapan terhadap MI dilakukan berdasarkan pemantauan initelijen polisi selama empat bulan terhadap kelompok Kholid Cs. Dari hasil pemantauan, diketahui kelompok tersebut melakukan berbagai persiapan, di antaranya pengumpulan bahan peledak, pembelian panah, dan pelatihan semi militer di sejumlah lokasi di Sukabumi dan Bekasi.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7722 seconds (0.1#10.140)