PKB Resmi Dukung Jokowi, Poros Ketiga Hanya Wacana di Ruang Maya

Rabu, 11 April 2018 - 11:38 WIB
PKB Resmi Dukung Jokowi, Poros Ketiga Hanya Wacana di Ruang Maya
PKB Resmi Dukung Jokowi, Poros Ketiga Hanya Wacana di Ruang Maya
A A A
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (Capres) 2019 mendatang. Dukungan itu disampaikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat mendirikan posko Join, Jokowi-Cak Imin di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, dukungan PKB kepada Jokowi memberi jawaban secara pasti mengenai wacana pembentukan poros ketiga yang sempat digaungkan PKB dan dua partai lainnya.

"Setelah PKB menyatakan dukungan ke Jokowi, bisa dipastikan poros ketiga hanyalah tinggal wacana di ruang maya," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Rabu (11/4/2018).

Adi menjelaskan, sejak awal pembentukan poros ketiga diprediksi sulit terbentuk lantaran poros ini meniscayakan minimal gabungan tiga partai semisal PKB, Demokrat, dan PAN. Sedangkan partai lain sudah menyatakan dukungan ke Jokowi dan Prabowo Subianto.

Dia menegaskan, wacana poros ketiga hanyalah diskursus yang mengisi ruang-ruang maya. Kini setelah PKB merapat ke Jokowi, kontestasi Pilpres 2019 tinggal menunggu kepastian kubu Prabowo Cs.

"Jelas nasib Prabowo nyapres sangat tergantung pada dukungan PKS. Pada posisi ini bargaining PKS sangat kuat bagi Prabowo karena tanpa PKS, Prabowo bisa dipastikan gagal nyapres," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8045 seconds (0.1#10.140)