Respons Jokowi Soal Dugaan Pelanggaran Etik Arief Hidayat

Selasa, 27 Maret 2018 - 20:24 WIB
Respons Jokowi Soal...
Respons Jokowi Soal Dugaan Pelanggaran Etik Arief Hidayat
A A A
JAKARTA - Pengambilan sumpah jabatan Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi menuai polemik. Pasalnya, pelantikan tersebut dilakukan di saat Arief tengah diterpa isu miring.

Guru besar Universitas Diponegoro (Undip) itu diduga melakukan lobi kepada anggota DPR agar memilihnya kembali sebagai hakim konstitusi.

Bagaimana pendapat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut menyaksikan pengambilan sumpah jabatan Arief Hidayat di Istana Negara.

Jokowi mengatakan, Arief adalah hakim konstitusi yang dipilih DPR. Sebelum terpilih, Arief juga telah menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

"Kita tahu Prof Arief adalah hakim MK yang dipilih oleh DPR. Harus tahu semuanya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Jokowi mengatakan, isu miring terkait dugaan pelanggaran more etik yang dilakukan Arief adalah ranah Mahkamah Konstitusi (MK) dan dia tak akan masuk ke wilayah itu.

"Kalau memang ada anggapan tadi mengenai etik, mekanismenya ada di MK. Jangan saya disuruh masuk ke wilayah yang bukan wilayah saya," ucap Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)