Gelar Rakernas, Karang Taruna se-Indonesia Bahas Sejumlah Masalah

Jum'at, 26 Januari 2018 - 15:58 WIB
Gelar Rakernas, Karang Taruna se-Indonesia Bahas Sejumlah Masalah
Gelar Rakernas, Karang Taruna se-Indonesia Bahas Sejumlah Masalah
A A A
JAKARTA - Karang Taruna se-Indonesia menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Pulau Dewata, Bali, selama tiga hari dari 25-27 Januari 2018.

Bertempat di Hotel Prime Plaza Sanur, ribuan peserta karang taruna se-Indonesia membahas pengentasan masalah sosial masyarakat yang kini merusak generasi muda.

Rakernas Karang Taruna tahun ini mengangkat tema "Menyamabraya (bersaudara dalam perbedaan)". Tema ini diambil untuk menjadikan rakernas sebagai momentum kebangkitan pemuda di tengah isu radikalisme serta perpecahan yang belakangan ini terjadi.

Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto menjelaskan, karang taruna menjadi bagian penting negara dalam menyelesaikan masalah masyarakat, seperti kemiskinan, degradasi moral, narkoba, dan ideologi radikal.

"Kami di Bali bersama-sama seluruh karang taruna se-Indonesia, untuk meneguhkan komitmen dan konsistensi kami mengentaskan persoalan sosial khususnya di kalangan generasi muda," kata Didik dalam siaran pers, Jumat (26/1/2018).

Didik menjelaskan, karang taruna bersama pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta kepala daerah, berkomitmen untuk menguatkan posisi dan keteguhan seluruh karang taruna se-Indonesia.

"Kita melakukan rapat kerja nasional untuk menentukan kebijakan-kebijakan dan program kerja karang taruna ke depan," tambahnya.

Pada acara ini Menteri Sosial Idrus Marham menjadi pembuka acara rakernas karang taruna se-Indonesia yang berlangsung selama tiga hari di Bali. Dalam acara ini Idrus Marham memberikan anugerah penghargaan Aditya Karya MahatvaYodha Award 2018 kepada 44 putra daerah yang dinilai berhasil mengentaskan permasalahan di lingkungannya.

"Dan Alhamdulillah kebersamaan yang kami bangun baik di tingkat pusat dan daerah dengan pembina umum kami, berkumpul bersama dan kami menganugerahkan apresiasi penghargaan kepada mitra kami karena terus bersama karang taruna untjk membantu negara dalam mengentaskan masalah sosial," ujarnya.

Karang taruna se-Indonesia ini juga akan melaksanakan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) di Pura Besakih serta pemberian bantuan kepada korban bencana alam Gunung Agung di Desa Rendang.

"Kami bersama-sama segenap pengurus karang taruna nasional di provinsi akan lakukan bakti sosial ke Gunung Agung untuk terus menyemangati dan memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat Bali yang saat ini terimbas bencana Gunung Agung kemarin," tandasnya.

Rakernas ini juga dirangkai dengan pelantikan pengurus Karang Taruna Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Putu Supadma Rudana.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8708 seconds (0.1#10.140)