Gelar Coklit Serentak, KPU Target Sasar 1,75 Juta Rumah

Jum'at, 05 Januari 2018 - 15:18 WIB
Gelar Coklit Serentak, KPU Target Sasar 1,75 Juta Rumah
Gelar Coklit Serentak, KPU Target Sasar 1,75 Juta Rumah
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 20 Januari 2018 sebagai hari pencocokan dan penelitian (coklit) serentak 2018. Ada 31 provinsi, 381 kabupaten/kota, 5.564 kecamatan serta 64.526 desa/kelurahan yang akan ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan yang diklaim terbesar dalam agenda pemilihan ini.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pada hari coklit serentak nanti setidaknya setiap Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mencoklit lima rumah. Hal yang sama juga berlaku untuk setiap PPK, PPS dan komisioner KPU tingkat kabupaten/kota, provinsi serta pusat. “PPK, PPS, KPU kab/kta harus ikut tersebar bersama PPDP,” ujar Arief saat membuka acara peluncuran gerakan coklit serentak di Jakarta Jumat (5/1/2018).

(Baca juga: KPU Luncurkan Gerakan Coklit Serentak )

Arief mengingatkan, pada 20 Januari nanti tidak boleh ada petugas maupun komisioner yang berada di kantor. Mereka harus ikut terjun ke lapangan melakukan coklit bersama-sama dengan stakeholder lainnya. “Dan tidak boleh komisioner pergi ke satu kab/kota yang sama, dia harus mandiri, pergi sendiri-sendiri,” ucap Arief.

Arief mengatakan, apabila kegiatan ini berjalan, maka setidaknya akan ada 1.750.000 rumah dilakukan coklit serentak pada hari yang sama. Dengan begitu penyelenggara berharap tidak ada masyarakat yang tidak terdata dan bisa meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya terdaftar sebagai pemilih di pilkada nanti. “Bayangkan kalau satu rumah isinya anaknya 10 misalnya, itu kan dalam satu hari yang sama kita bisa dapat sekian banyak pemilih yang dicoklit datanya,” pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5305 seconds (0.1#10.140)