Kaum Muda Berpeluang Tampil di Pilpres 2019

Kamis, 26 Oktober 2017 - 16:31 WIB
Kaum Muda Berpeluang Tampil di Pilpres 2019
Kaum Muda Berpeluang Tampil di Pilpres 2019
A A A
JAKARTA - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lili Romli mengharapkan anak muda dapat tampil memimpin Indonesia.

Dia pun memberikan contoh beberapa negara di Eropa yang kini dipimpin anak muda. Dia mencontohkan Presiden Prancis Emmanuel Marcon dan Sebastian Kurz, Kanselir Austria.

Lili mengatakan, jika melihat perkembangan terakhir ini, ada sejumlah anak muda yang sangat potensial memimpin bangsa ini.

Sebut saja beberapa di antaranya Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Agus Harimurty Yudhoyono (AHY), Romahurmuzy (Romy), Muhammad Zainul Majdi (TGB), dan beberapa anak muda yang saat ini menjadi kepala daerah.

"Jika melihat kekuatan partai politik, maka Ketua Umum Partai seperti Cak Imin, Romy, AHY (Demokrat) patut diperhitungkan," kata Lili kepada wartawan di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Dia menjelaskan jika melihat perolehan partai berdasarkan survey terakhir oleh PolMark Indonesia yang menempatkan PKB lebih unggul dari Demokrat dan PPP serta PBB, Cak Imin, mempunyai daya saing yang cukup tinggi.

"Jika dilihat dari sisi basis massa Islam, maka nama Cak Imin, Romy dan TGB sangat pantas diperhitungkan," tutur dia.

Dalam hal ini, ungkap dia, Cak Imin juga lebih unggul dibanding tokoh lainnya, sebab dia adalah santri dan tokoh yang lekat dengan NU. Apabila Cak Imin maju, kata dia, tentu saja para kiai sepuh dan para pengasuh pesantren NU akan sangat kompak mendukungnya.

Lili menyebutkan wilayah Jawa, Sumatera dan sebagian Kalimantan, suara kyai sepuh dan pengasuh pesantren masih sangat didengar oleh masyarakat. “Meskipun dalam berbagai Pemilu yang lalu suara NU cukup cair, namun masih tetap signifikan dan sangat dipertimbangkan oleh berbagai pihak,” tutur Lili.

Lili menambahkan bila dilihat dari pengalaman, Cak Imin sudah sangat berpengalaman. Cak Imin pernah menjabat Wakil Ketua DPR pada usia 33 tahun dan menjadi menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6518 seconds (0.1#10.140)