Potong Gaji Anggota, Fraksi PKS Sumbang Rp250 Juta untuk Rohingya

Selasa, 12 September 2017 - 15:40 WIB
Potong Gaji Anggota, Fraksi PKS Sumbang Rp250 Juta untuk Rohingya
Potong Gaji Anggota, Fraksi PKS Sumbang Rp250 Juta untuk Rohingya
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR menyumbang uang sebesar Rp250 juta untuk warga etnis Rohingya di Myanmar.

Uang tersebut dikumpulkan dari sebagian penghasilan para anggota fraksi. Sumbangan itu secara simbolis diserahkan kepada Crisis Center PKS untuk Rohingya yang diterima langsung oleh Ketuanya, Sukamta di Ruang Pleno Fraksi PKS, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

"Jumlah ini baru awal karena akan terus bertambah melibatkan seluruh keluarga besar Fraksi PKS termasuk para pegawai dan staf," kata Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Dia mengatakan, peristiwa kekerasan yang dialami etnis Rohingya menjadi keprihatinan seluruh umat manusia, termasuk keluarga besar Fraksi PKS.

"Kita tidak bisa diam melihat saudara-saudara kita menderita, dibunuh dan disiksa, serta terusir dari negaranya. Kita marah, mengutuk keras, dan mendesak penghentian kekerasan sambari secara konkret mengirimkan bantuan materi kepada mereka," katanya.

Dia mengatakan, Fraksi PKS peduli terhadap penyelamatan warga etnis Rohingya. Oleh karena itu, kata dia, fraksinya terus mendorong pemerintah mengambil langkah diplomasi, seperti yang sudah dilakukan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi.

Jazuli berharap langkah Menlu itu direspons serius dengan penghentiaan kekerasan dan pembukaan jalur bantuan kemanusiaan.

Anggota Komisi I DPR ini pun mengapresiasi kepedulian yang ditunjukkan oleh rakyat Indonesia kepada Rohingya.

Hal itu dikatakan Jazuli sebagai karakter asli bangsa Indonesia yang cinta perdamaian, antikekerasan, dan peduli pada kemanusiaan.

Lagipula, lanjut dia, pembukaan UUD 1945 mengamanatkan salah satu tujuan bernegara, yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

"Kita berbesar hati dan mengapresiasi rakyat Indonesia atas kepedulian dan tanggung jawab kemanusiaan yang luar biasa. Kolaborasi kemanusiaan antarberbagai elemen bangsa dan Pemerintah ini diyakini akan menjadi berkah tersendiri bagi bangsa kita," tutur Jazuli.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0955 seconds (0.1#10.140)