Pemuda Perindo Gencar Suarakan Pemberantasan Narkoba

Jum'at, 04 Agustus 2017 - 18:49 WIB
Pemuda Perindo Gencar Suarakan Pemberantasan Narkoba
Pemuda Perindo Gencar Suarakan Pemberantasan Narkoba
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pemuda Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Effendi Syahputra menilai, perlu adanya ruang ekspresi yang dibutuhkan generasi muda agar tidak terjerumus dalam lingkaran hitam narkoba.

Seperti diketahui, penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda kian meningkat. Tentunya, perilaku menyimpang tersebut perlu diatasi agar tidak merusak moral bangsa.

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), Indonesia dikenal sebagai produsen extasi nomor satu di dunia, tetapi sebagai pengedar, Indonesia dikenal sebagai pengedar ganja terbesa. Hal tersebut memungkinkan karena ganja dari Indonesia merupakan mariyuana dengan kualitas nomor satu di dunia.

Penyalahgunaan narkotika menyebabkan sekitar 190.000 orang di dunia mati sia-sia setiap tahunnya. Narkotika juga secara nyata dapat memicu kejahatan lainnya, seperti pencurian, pemerkosaan, dan pembunuhan.

Oleh karenanya, Effendi menekankan kepada generasi muda untuk menyalurkan bakat dan talentanya kearah yang lebih positif, seperti berolahraga, kegiatan seni dan organisasi.

"Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat pemuda punya potensi untuk menghindari narkoba, karena dia disibukkan dengan kegiatan-kegiatan organisasi, kegiatan-kegiatan sosialisasi, selain tentunya meningkatkan mental secara spiritual," ujar Effendi saat dihubungi Jumat, (4/8/17).

Menurut Effendi, perlu langkah antisipasi yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebarluasan dan penggunaan narkotika sedini mungkin. "Seperti kampanye ke sekolah-sekolah, karena di usia sekolah muncul dan berkembangnya narkoba," katanya.

Kemudian lanjut Effendi, BNN perlu membentuk kerja sama dengan organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa untuk melakukan sosialisasi dan kampanye tentang bahayanya narkoba. Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh Pemuda Perindo saat ini.

"Pemuda perindo itu bekerja sama dengan BNN di beberapa provinsi, kami mendatangkan duta-duta BNN untuk kampanye dan sosialisasi di sekolah menengah, kita lakukan penyuluhan mulai dari gerakan anti narkoba dan penyuluhan hukum," tuturnya.

Melalui sayap organisasinya, Pemuda Perindo gencar menyuarakan pemberantasan narkoba. "Salah satu konsen utama dari Pemuda Perindo adalah pemberantasan narkoba, oleh karena itu kita bekerja sama oleh banyak pihak tidak hanya BNN, kita juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah institusi pendidikan lainnya untuk memrangi narkoba secara bersama-sama," tutupnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.2258 seconds (11.97#12.26)