Pola Asuh Berpengaruh terhadap Perilaku Anak

Sabtu, 22 Juli 2017 - 15:18 WIB
Pola Asuh Berpengaruh terhadap Perilaku Anak
Pola Asuh Berpengaruh terhadap Perilaku Anak
A A A
JAKARTA - Direktur Rehabilitasi Anak Kementerian Sosial, Nahar mengungkapkan aksi kekerasan yang dilakukan anak tidak terlepas dari cara asuh orangtua atau pengasuhnya.

"Kalau hanya persoalan hubungan anak dengan orangtua saja, itu tak masalah. Masalahnya banyak ditemukan usai melahirkan, ibunya meninggal atau lainnya sehingga anak terpaksa diasuh kerabatnya," ujar Nahar saat diskusi Polemik SINDOTrijaya FM bertajuk Berpihak pada Anak di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/7/2017).

Yang menjadi masalah, kata dia, ketika kerabatnya tidak menjalankan peran sebagai orangtua dengan baik. Alhasil, kondisi itu memengaruhi perkembangan anak. Misalnya, anak hanya dicukupi dengan materi tanpa ada komunikasi yang baik.

"Secara psikis membuat psikologis (anak) buruk yang mana membawanya padahal yang negatif. Seperti di kasus-kasus dewasa ini di Jakarta tak lepas dari itu," tuturnya.

Oleh karena itu, dia mendukung untuk mengisi kekosongan hukum terkait pengasuhan anak dengan membuat Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengasuhan Anak.

RPP Pengasuhan Anak, lanjut dia, bisa berefek positif yang mampu menyelesaikan persoalan sosial yang dihadapi anak-anak.

"RPP itu menjamin saat keluarga tak cakap melakukan pengasuhan anak, bisa diterapkan pilihan, seperti diserahlan ke kerabatnya atau bisa juga menyilang. Atau kalau tak ada pilihan lebih baik lagi, ada lembaga yang kita tunjuk. Itu pilihan terakir saat tak ada orangtua pengganti," tutur Nahar.

Nahar pun mengucapkan selamat Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Melalui Hari Anak Nasional, kata dia, masyarakat harus memberikan perhatian terhadap upaya pemenuhan hak anak.

Dia juga mengingatkan masyarakat yang mengetahui adanya persoalan anak untuk menghubungi ke nomor telepon layanan pengaduan anak 1-500-771.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)