Mantan Pimpinan KPK Bibit Samad Rianto Jadi Penasihat Bakamla

Jum'at, 07 April 2017 - 16:34 WIB
Mantan Pimpinan KPK...
Mantan Pimpinan KPK Bibit Samad Rianto Jadi Penasihat Bakamla
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bibit Samad Rianto diangkat menjadi Penasihat Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Seperti dikutip dari keterangan pers yang dirilis Bagian Humas Bakamla, Jumat (7/4/2017), pengangkatan Bibit dilakukan oleh Kepala Bakamla, Laksdya TNI Ari Soedewo, dalam sebuah pertemuan di Kantor Pusat Bakamla, Jakarta Pusat. Bibit diangkat menjadi Penasihat Bidang Pengawasan di lembaga tersebut.

Kasubbag Humas Bakamla, Kapten Marinir Mardiono mengatakan, latar belakang dan pengalaman di bidang penegakan hukum menjadi salah satu pertimbangan Bakamla mengangkat Bibit.

"Karakter, pengalaman, dan pengabdian Bibit Samad Rianto kepada bangsa dan negara kini diharapkan untuk dapat memberika sumbangsih dan perubahan bagi Bakamla ke arah yang lebih baik," ucap Mardiono. (Baca Juga: KPK Tetapkan Empat Tersangka Suap Pejabat Bakamla)

Latar belakang Bibit berasal dari kepolisian. Sejumlah jabatan strategis pernah didudukinya di lembaga tersebut, antara Wakapolda Jawa Timur (1997), Kapolda Kalimantan Timur (1997-2000).

Dia juga pernah menjadi Rektor Universitas Bhayangkara Jaya. Pada tahun 2007, Bibit terpilih menjadi Wakil Ketua KPK. Di lembaga antikorupsi itu, dia menjabat sampai 2011.

Bersama rekannya di KPK Chandra Hamzah, Bibit pernah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan wewenang oleh Mabes Polri, 2009 silam.

Ketika itu situasi penegakan hukum di Indonesia sedang digegerkan oleh konflik antara KPK dan Polri, yang dikenal dengan istilah Cicak vs Buaya.

Kasus Bibit-Chandra tidak berlanjut ke pengadilan karena Kejaksaan Agung melakukan deponeering atau mengesampingkan perkara demi kepentingan umum.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0909 seconds (0.1#10.140)