Prosesi Sumpah Jabatan Ketua DPD Sepi, Senator Banyak Tak Hadir

Selasa, 04 April 2017 - 22:05 WIB
Prosesi Sumpah Jabatan Ketua DPD Sepi, Senator Banyak Tak Hadir
Prosesi Sumpah Jabatan Ketua DPD Sepi, Senator Banyak Tak Hadir
A A A
JAKARTA - Prosesi pengucapan sumpah jabatan Oesman Sapta Odang (OSO), Nono Sampono, dan Darmayanti Lubis, sebagai pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tidak dihadiri seluruh senator.

Pasalnya, pantauan di lokasi, rapat paripurna DPD, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2017) itu hanya dihadiri sekitar 53 senator atau anggota DPD.

Adapun pengucapan sumpah jabatan OSO, Nono, dan Darmayanti, dipandu oleh ‎Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang Nonyudisial Suwardi. Hal itu dikarenakan Ketua MA Hatta Ali dikabarkan sedang menjalani umrah di Tanah Suci.

Adapun OSO didaulat sebagai ketua DPD pengganti M Saleh. Lalu, Nono dan Darmayanti sebagai Wakil Ketua DPD. Prosesi pengambilan sumpah jabatan itu d‎imulai pukul 19.40 WIB hingga pukul 20.10 WIB.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang dari Pimpinan sementara DPD AM Fatwa dan Riri Damayanti kepada OSO, Nono, dan Darmayanti.‎ Adapun rapat paripurna DPD prosesi pengucapan sumpah jabatan itu dipimpin oleh Senator tertua AM Fatwa dan Senator termuda Riri Damayanti.

OSO yang juga sebagai Ketua Umum Partai Hanura itu langsung duduk di kursi pimpinan sidang usai menjalani prosesi pengucapan sumpah jabatan itu.‎

"Kami berharap dengan terpilihnya kami dapat seera fokus dan memaksimalkan energi kita menjaga marwah DPD," kata OSO yang juga sebagai Wakil Ketua MPR ini.

Dia pun langsung menutup rapat paripurna dengan mengetuk palu tiga kali. "Sidang dewan yang terhormat, demikian lah kita sudah selesaikan seluruh aenda, sidang paripurna 9 ditutup," pungkas OSO.

Sementara itu, AM Fatwa mengatakan bahwa prosesi pengucapan sumpah jabatan itu dihadiri oleh 106 anggota DPD, walaupun di lokasi acara jumlahnya tidak sebanyak itu.

Jumlah 106 anggota DPD itu mengacu pada absensi rapat paripurna pembukaan kemarin.‎ Di samping itu, prosesi pengucapan sumpah jabatan itu juga disaksikan oleh sejumlah pengurus Partai Hanura.

Di antaranya ‎Sekretaris Jenderal Partai Hanura Sarifuddin Sudding, Ketua Fraksi Partai Hanura di DPR Nurdin Tampubolon, Ketua DPD DKI Jakarta Partai Hanura Ongen Sangaji, serta beberapa anggota DPR dari Fraksi Partai Hanura. ‎
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0039 seconds (0.1#10.140)