Tantangan Jurnalistik Menghadapi Arus Teknologi

Kamis, 09 Februari 2017 - 06:42 WIB
Tantangan Jurnalistik Menghadapi Arus Teknologi
Tantangan Jurnalistik Menghadapi Arus Teknologi
A A A
AMBON - Kehadiran teknologi memang tak dapat dielakkan. Perubahan yang begitu cepat menuntut dinamisme yang tinggi pula dari sisi jurnalistik.

Yoseph Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pers, menegaskan, kemajuan IPTEK begitu luar biasa.

"Dunia menjadi lebih mengecil, komunikasi pun tidak membutuhkan waktu karena bisa dilakukan setiap waktu," ucapnya pada Konvensi Nasional Media Massa dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Baileu Siwalima Karang Panjang, Ambon, Rabu 8 Februari 2017.

Di balik kecepatan, dan kemajuan tersebut, lanjutnya, muncul persoalan yaitu masalah etik. "Kita tahu dunia sedang meributkan banyak hal dan itu begitu cepat informasi tersebar. Ini menjadi persoalan serius untuk ditanggapi, bagaimana perubahan teknologi mempengaruhi model jurnalisme saat ini," ungkap Yoseph.

Seperti dikatakan Yoseph, media sudah banyak beralih ke media online. Tidak sedikit pula kanal-kanal radio beralih ke digital. "Di era sekarang, media online merupakan tempat untuk tumbuh subur, yang tidak dapat dihindari adalah kecepatan. Akurasi dan ketepatan menjadi faktor utama," tegas Yoseph.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8129 seconds (0.1#10.140)