Serikat Perusahaan Pers Memilih Ketua Umum Baru di Hari Pers Nasional

Sabtu, 04 Februari 2023 - 18:50 WIB
loading...
Serikat Perusahaan Pers Memilih Ketua Umum Baru di Hari Pers Nasional
Logo Serikat Perusahaan Pers (SPS). Foto/Dok iNews.id
A A A
JAKARTA - Serikat Perusahaan Pers ( SPS ) akan memilih ketua umum dan jajaran pengurus baru di Hari Pers Nasional (HPN) 2023. Organisasi yang sebentar lagi memasuki usia 77 tahun ini turut memeriahkan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara, dengan menggelar Kongres ke-26 dan Seminar Media pada Selasa, 7 Februari 2023.

Ketua Umum dan Pengurus SPS yang baru akan ditentukan oleh SPS provinsi se-Indonesia, yang mewakili seluruh anggota SPS, terdiri dari lk.600 anggota media arus utama. Sementara untuk SPS provinsi yang menyatakan kehadiran di kongres kali ini sebanyak 21, yakni SPS dari wilayah Barat: Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), SPS Sumatera Utara, SPS Riau, SPS Kepulauan Riau, SPS Bengkulu, SPS Jambi, SPS Sumatera Selatan, SPS Lampung, SPS Banten, SPS Jawa Barat, SPS Jawa Timur, dan SPS Kalimantan Tengah.

Sementara dari wilayah tengah Indonesia yang hadir yakni SPS Bali, SPS Nusa Tenggara Barat, SPS Kalimantan Selatan, SPS Kalimantan Timur, SPS Sulawesi Utara, SPS Sulawesi Tengah, SPS Sulawesi Selatan, serta SPS Sulawesi Tenggara. Kemudian perwakilan dari wilayah Timur yaitu SPS Maluku Utara.



Sementara itu, seminar media akan menghadirkan beberapa pembicara, yakni Agung Dharmajaya (Wakil Ketua Dewan Pers), Januar P. Ruswita (Ketua Harian SPS Pusat, Direktur Pikiran Rakyat), dan sosok muda berprestasi dari Sumatera Utara, yakni Fara Amelia Lubis (Duta Utama Putri Mahasiswa USU (2010 – 2016), Duta Bahasa Pelajar Favorit Sumatera Utara 2020.

Kegiatan kongres dan seminar media yang akan dilaksanakan SPS di Hari Pers Nasional mengusung tema besar “Kolaborasi dan Inovasi untuk Kemandirian Pers Indonesia”. Tema tersebut diangkat untuk menegaskan semangat dari para pejuang industri pers dalam mengarungi dinamika perkembangan zaman yang penuh ketidakpastian.

Semangat untuk senantiasa berkolaborasi, semangat untuk terus berinovasi, juga sebagai komitmen SPS dalam menjaga marwah, kemandirian pers, agar dapat terus menjalankan perannya sebagai bagian dari pilar demokrasi. “Kongres SPS diharapkan bisa menghasilkan penyempurnaan PD PRT yang bisa memungkinkan industri media nasional bisa lebih dinamis menghadapi perkembangan zaman,” ujar Ketua Harian SPS Pusat Januar P. Ruswita.

“Kemudian kongres ini juga bisa menghasilkan rekomendasi program kerja yang tepat untuk mempertahankan eksistensi industri media agar sehat, mandiri, dan berkelanjutan, sehingga mampu menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan bertanggung jawab,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)