HPN 2024, Kaesang Singgung soal Kesejahteraan Pekerja Media

Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:40 WIB
loading...
HPN 2024, Kaesang Singgung soal Kesejahteraan Pekerja Media
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Kaesang pun memberikan masukan ke para pemilik media massa agar memerhatikan kesejahteraan jurnalisnya.

"Khusus untuk para pemilik media, saya minta tolong banget jangan lupa untuk kesejahteraan teman-teman wartawan," kata Kaesang di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Ke depannya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi)Nitu berharap, pers Indonesia semakin independen dalam mengedukasi masyarakat dengan beragam pemberitaan.

"Semoga media kita tambah independen dalam mengedukasi masyarakat," ucapnya.

Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Adapun pada tahun ini, Hari Pers Nasional mengangkat tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa".

Peringatan HPN 2024 ini pun berdekatan dengan hari pemungutan suara Pemilu 2024. Kementerian Komunikasi dan Informatika pun telah menyatakan pers memiliki peranan penting dalam menjaga Pemilu 2024 agar berlangsung damai dan mengawal transisi kepemimpinan nasional.

"Pers harus bisa berperan mengawal Pemilu agar berlangsung damai. Pemilu bisa mengantarkan kepada transisi kepemimpinan. Kalau Pemilunya damai berarti bangsanya utuh, sesuai dengan tema Hari Pers Nasional," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong.

Usman menekankan, pers memiliki tanggung jawab dalam mengawal Pemilu agar berlangsung damai dan menghasilkan transisi kepemimpinan yang memiliki legitimasi.

Dalam upaya menjaga kualitas demokrasi dan memastikan Pemilu berlangsung dengan damai dan aman, Usman mengajak pers untuk menjadi clearing house atau rumah penjernih dari berita-berita hoaks yang marak menjelang Pemilu.

Dengan menguatkan peran pers secara kritis dan independen, diharapkan Pemilu 2024 dapat menghasilkan transisi kepemimpinan yang damai, sah, dan diterima oleh masyarakat.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)