HPN 2017, Pers Hadirkan Kontribusi Bagi Daerah

Sabtu, 04 Februari 2017 - 11:28 WIB
HPN 2017, Pers Hadirkan Kontribusi Bagi Daerah
HPN 2017, Pers Hadirkan Kontribusi Bagi Daerah
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang akan digelar di Provinsi Maluku Februari mendatang diharapkan bisa mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Maluku. Untuk itu panitia HPN membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang berguna bagi kemajuan Provinsi Maluku.

Harapan ini selaras dengan tema Peringatan HPN yang puncaknya digelar 9 Februari, yakni ”Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut” yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono pun optimistis HPN akan menjadi momentum kebangkitan kejayaan Maluku. ”Setiap HPN kita berusaha membawa program ke daerah. Kita manfaatkan acara pra- HPN untuk masyarakat di sana. Untuk kegiatan seremoni hanya saat perayaan,” kata Margiono di Kantor Dewan Pers, Jakarta, kemarin.

Rangkaian kegiatan HPN 2017 sudah dimulai sejak September baik di Jakarta ataupun di Ambon. Rangkaian kegiatan HPN dibuka dengan seminar mengenai proyeksi pembangunan di Provinsi Maluku yang berbasis kelautan dan perikanan dengan menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir.

”Di Ambon kita juga laksanakan rangkaian kegiatan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas di Maluku. Salah satunya melakukan seminar motivasi pemuda yang bertajuk Creativepreneurship yang diikuti 2000 mahasiswa dari Universitas Patimura,” ungkapnya. Selain itu panitia melaksanakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan bagi 500 siswa SMA se-Kota Ambon.

Margiono juga menjelaskan, dalam acara puncak HPN 2017 akan diluncurkan logo verifikasi media masa dari Dewan Pers. Untuk diketahui, Dewan Pers sejauh ini telah melakukan verifikasi kepada sejumlah media baik cetak, televisi ataupun online. ”Bagi media yang lulus persyaratan Dewan Pers akan memberikan logo tanda lolos verifikasi. Ini akan berjalan terus bagi yang belum diverifikasi,” ungkapnya.

Ketua Panitia HPN 2017 M Ihsan mengatakan beberapa kementerian telah menyatakan komitmennya untuk menggelontorkan bantuan kepada Provinsi Maluku dalam rangka HPN 2017 ini. Menurutnya langkah kementerian sesuai dengan komitmen panitia HPN 2017 agar perhelatan akbar di kalangan insan pers ini memberikan dampak langsung dan konkret bagi masyarakat Maluku.

”Kementerian Perhubungan memberikan bantuan 16 unit bus untuk Provinsi Maluku. Lalu juga ada sumbangan dua buah kapal roro, pemberian life jacket serta bantuan subsidi kepada pengusaha kapal di Maluku,” ungkapnya. Selain itu ada bantuan sekolah vokasi kelautan bagi 1000 orang pemuda.

Rencananya sekolah vokasi ini akan dilakukan di atas kapal-kapal pelayaran milik PT Pelni. ”Sumbangan Menhub lainnya adalah aktualisasi tol laut dan tol logistik laut,” kata Ihsan. Sementara itu bantuan lain juga berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan memberikan sertifikat hutan ke masyarakat seluas 1.300 hektare dan hutan desa seluas 1.800 hektare.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)