Timsel Serahkan Nama Akhir Calon Komisioner KPU-Bawaslu ke Jokowi

Rabu, 01 Februari 2017 - 13:18 WIB
Timsel Serahkan Nama Akhir Calon Komisioner  KPU-Bawaslu ke Jokowi
Timsel Serahkan Nama Akhir Calon Komisioner KPU-Bawaslu ke Jokowi
A A A
JAKARTA - Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyerahkan hasil akhir nama-nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

‎"Tadi sekitar pukul 11 kami sudah melaporkan nama akhir dari timsel calon anggota KPU dan Bawaslu RI," ujar Ketua Timsel Saldi Isra saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Saldi mengatakan, Timsel telah ditugasi presiden untuk melakukan seleksi terhadap calon komisioner KPU-Bawaslu RI Periode 2017-2022. Sejak Oktober 2016 sampai Januari 2016, pihaknya sudah melakukan semua tahapan seleksi sesuai Undang-undang Penyelenggara Pemilu.

Menurut Saldi, tahap pertama yakni saat pendaftaran pihaknya menerima sekira 600-an pendaftar untuk menjadi komisioner KPU-Bawaslu. ‎Kemudian keluar nama-nama yang lolos pada tahap kedua yang tak disebutkan namanya.

"Kemudian tahap kedua dilakukan serangkaian tes, ada tes tertulis tentang tata kelola pemilu, tes kesehatan, ada psikologi," tuturnya.

Tahap kedua didapatkan sebanyak 58 orang komisioner KPU-Bawaslu yang dinilai layak untuk mengikuti tes tahap ketiga. Menurutnya, dari 58 orang yang lolos dengan komposisi ‎36 calon anggota KPU dan 22 calon anggota Bawaslu.

Kemudian, kata Saldi, dari 36 calon komisioner KPU dan 22 calon komisioner Bawaslu disaring kembali untuk mengikuti tes tahap ketiga atau tahap akhir. "Nanti menghasilkan 14 calon yang sudah kami serahkan ke presiden untuk anggota KPU dan 10 calon untuk anggota Bawaslu RI yang sudah juga kami serahkan ke presiden," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5854 seconds (0.1#10.140)