Gerakan Nasional Antihoax untuk Menyadarkan Masyarakat

Kamis, 26 Januari 2017 - 14:09 WIB
Gerakan Nasional Antihoax untuk Menyadarkan Masyarakat
Gerakan Nasional Antihoax untuk Menyadarkan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Bangsa Indonesia tengah menghadapi berbagai macam ancaman. Masyarakat sekarang rentan menghadapi serangan berita bohong (hoax).

Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax (MIAH) Septiaji Eko Nugroho mengatakan, meskipun lembaganya baru tebentuk pihaknya sudah melakukan gerakan nasional antihoax ke seluruh Indonesia. Langkah pertama, kata dia MIAH lebih bermain di hulu dari masyarakat ke masyarakat.

"Kami mengimbau marilah kita sama-sama menggunakan media sosial (medsos) untuk hal-hal yang sifatnya sinergis dan edukatif, jangan saling memecah belah," ujar Septiaji di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

Menurutnya gerakan ini lebih banyak kepada moral untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana menyikapi keberadaan media dan media sosial digunakan secara positif. Gerakan yang dibangunnya juga mengajarkan dan mengajak masyarakat untuk memahami bahaya penyebaran hoax dari sisi hukum, agama, kesusilaan, dan kesopanan.

"Hoax sudah menyebar dan menimbulkan keresahan di masyarakat," ucapnya.

Dia menerangkan, kegiatan di hulu ini lebih banyak melakukan edukasi, literasi, sosialisasi, dan silaturahmi dengan berbagai lembaga pendidikan, ormas, tokoh lintas agama, profesi, budaya, dan pendidikan. Dia menuturkan, MIAH juga mensinergikan kekuatan relawan dari berbagai daerah untuk bersama menjadi pendorong sebagai duta antihoax.

Dia menambahkan, dari sisi hilir pemerintah sebenarnya sudah menyuarakan antisipasi hoax. Pihaknya sendiri telah beraudiensi dengan Polri dan diterima langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Baca: Jelang Pilkada, Informasi Hoax Bertebaran di Media Sosial)

"Gerakan kami lebih banyak literasi, membaca, dan menulis di medsos supaya masyarakat tidak main share, tanpa tahu berita itu benar atau tidak, tapi bisa memilah mana berita benar, mana yang tidak," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8474 seconds (0.1#10.140)