Ditunjuk Jadi Kepala BNPT, Ini Rencana Komjen Suhardi Alius

Rabu, 20 Juli 2016 - 14:22 WIB
Ditunjuk Jadi Kepala...
Ditunjuk Jadi Kepala BNPT, Ini Rencana Komjen Suhardi Alius
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Suhardi Alius baru saja dilantik menjadi Kepala Badan Penanggulangan Terorisme (BPNT)‎ oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Kabareskrim Mabes Polri itu pun mengaku sudah mendengar arahan Presiden.

‎"Arahan presiden, terorisme bukan ancaman nasional tapi global. Artinya butuh langkah yang sifatnya sistematis dalam bingkai kemajemukan dan kebangsaan," ‎tutur Suhardi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Menurut Suhardi, dirinya akan melanjutkan program dan gagasan yang sudah dicanangkan Jenderal Pol Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Kapolri.

"Saya akan sentuh suprastruktur dan yang informal untuk dapat berkomunikasi, sehingga punya daya tahan atas pemikiran yang berkonsep radikal," ujarnya.

Menurutnya, program terdekat adalah melakukan konsep deradikalisasi dan antideradikalisasi. Kata dia, konsep deradikalisasi untuk sejumlah pihak yang meyakini paham radikal. Sedangkan antideradikalisasi untuk orang yang belum tersentuh paham tersebut.

Dalam hal ini, dirinya akan memfokuskan pada konsep deradikalisasi dengan jalan persuasif, namun juga melalui penindakan yang tegas. Sebagai leading sector pihaknya akan menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak dan kalangan masyarakat.

"Di kepemimpinan Kapolri, kami akan berkoordinasi terus. Kebetulan Kapolri juga menangani masalah ini, kami tidak akan ada kesulitan. Kami secara sistematis maju ke depan, bagaimana konsep pemikiran di masyarakat," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)