Kemenkes Minta Bayi Vaksin Palsu Perlu Segera Ditindaklanjuti

Sabtu, 16 Juli 2016 - 16:44 WIB
Kemenkes Minta Bayi Vaksin Palsu Perlu Segera Ditindaklanjuti
Kemenkes Minta Bayi Vaksin Palsu Perlu Segera Ditindaklanjuti
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)‎, Maura Linda Sitanggang mengklaim Satuan Tugas (Satgas) penanganan vaksin palsu sudah memiliki data korban terpapar vaksin palsu.

‎"Akan dicek apakah kekebalan tercapai kalau enggak diimunisasi ulang. Pemerintah akan jamin anak-anak ini divaksin dengan bena‎r," kata Maura saat diskusi Polemik SindoTrijayaFM, di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/7/2016).

Menurut Maura, data yang sudah terkumpul baik dari Bareskrim Mabes Polri dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera ditindaklajuti.

Dia menjelaskan, pihaknya akan mengidentifikasi jenis vaksin palsu melalui uji laboratorium. Menurutnya, dampak yang disebabkan dari vaksin palsu bisa mengakibatkan kekebalan tubuh bagi penerima rendah.

"Maka di sini selain aspek investigasi akan liat case by case tiap anak yang terpapar vaksin palsu diperiksa kesehatannya, jika perlu imunisasi ulang akan kita berikan," ucapnya.

Maura mengatakan, satgas penanganan kasus vaksin palsu terus bekerja. Menurutnya, dari data yang diperoleh didapatkan ada satu rumah sakit ‎yang memberikan 60 vaksin palsu. Pihaknya akan turun ke lapangan untuk menyambangi tempat fasilitas kesehatan yang ditengarai menerima vaksin palsu.

‎"Data anak-anak sudah kita dapatkan walau belum komplet. Kita siap melakukan itu, mungkin pada hari ini kita bisa lakukan itu," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4305 seconds (0.1#10.140)