Jokowi Geram Anggaran Daerah Mengendap Capai Puluhan Triliun

Rabu, 11 Mei 2016 - 14:02 WIB
Jokowi Geram Anggaran Daerah Mengendap Capai Puluhan Triliun
Jokowi Geram Anggaran Daerah Mengendap Capai Puluhan Triliun
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepala daerah khususnya gubernur terkait anggaran daerah. Jokowi terlihat 'geram' lantaran banyak anggaran daerah yang disimpan dan tidak dibelanjakan secara tepat.

"Saya ingin mengingatkan, akhir 2015 pada Desember uang anggaran daerah yang masih berada di bank utamanya BPD ada kurang lebih Rp90 triliun, tetapi pada akhir bulan yang lalu uang yang ada di Bank Daerah ada Rp20 triliun," ungkap Jokowi saat memberi sambutan di hadapan para Gubernur, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Jokowi mengingatkan agar anggaran yang masih disimpan di daerah segera dibelanjakan. Pasalnya, dia menyebut anggaran itu cukup besar.

"Kita carinya pontang-panting tiap bulan di transfer ke daerah kota kabupaten dan provinsi, tetapi di sana hanya disimpan tidak digunakan," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Terkait kondisi ini, Jokowi telah memerintahkan kepada Kementerian Keuangan dan daerah-daerah yang masih menyimpan anggarannya diubah menjadi surat utang pada April kemarin. Hal itu agar anggaran di daerah yang masih tersimpan di bank daerah maupun bank swasta bisa diputar untuk kepentingan pembangunan.

"Uang Rp20 triliun kalau digunakan itu besar sekali, triwulan pertama di kementerian lembaga kita hanya keluar Rp230 triliun, kalau ini juga keluar," ucapnya.

Jokowi menambahkan, pihaknya memiliki data provinsi-provinsi yang menyimpan anggaran daerah cukup besar. Menurutnya, anggaran ini tersimpan di tingkat provinsi, bukan kabupaten atau kota.

"Tidak perlu saya bacakan, ribut nanti. Mana yang nyimpen paling banyak jadi ribut nanti," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7298 seconds (0.1#10.140)