Kekerasan terhadap Perempuan Biasanya Dilakukan Orang Dekat

Rabu, 04 Mei 2016 - 16:07 WIB
Kekerasan terhadap Perempuan Biasanya Dilakukan Orang Dekat
Kekerasan terhadap Perempuan Biasanya Dilakukan Orang Dekat
A A A
JAKARTA - Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia kebanyakan dilakukan oleh kalangan lingkungan sekitar atau orang dekat.

Setidaknya hal tersebut terlihat dari data Komisi Nasional (Komnas) Perempuan yang menunjukkan sepanjang 2001-2002 terdapat 93 ribu lebih kasus kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 70% pelakunya adalah orang dekat. “Orang-orang yang memang dikenali oleh korban seperti pacar, tetangga dan orangtua,” ujar Komisioner Komnas Perempuan, Masruchah saat dihubungi, Rabu (4/5/2016). (Baca juga: Pemerkosa Yuyun Harus Dijerat Pasal Berlapis)

Adapun dalam tiga tahun terakhir yang banyak terjadi adalah model kekerasan seksual yang dilakukan secara berkelompok atau kolektif seperti yang terjadi di sejumlah daerah.

Dia juga prihatin terhadap kekerasan seksual yang terjadi di lembaga pendidikan dan ruang privat. Dia mencontohkan sejumlah kasus kekerasan seksual di dalam keluarga, seperti ayah terhadap anak, serta pemaksaan orangtua terhadap anak terkait perkawinan.

“Itu juga masuk kekerasan seksual (pemaksaan perkawinan). Ini juga bagian yang kita lihat kasusnya banyak baik di ruang privat maupun komunitas,” ujar Masruchah.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7956 seconds (0.1#10.140)