ASEAN US Summit, Indonesia Usung Isu Perdamaian dan Kesejahteraan

Senin, 15 Februari 2016 - 13:37 WIB
ASEAN US Summit, Indonesia Usung Isu Perdamaian dan Kesejahteraan
ASEAN US Summit, Indonesia Usung Isu Perdamaian dan Kesejahteraan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Irianan Widodo beserta rombongan dikabarkan sudah sampai di Sunnylands, California, Amerika Serikat. Kehadiran Jokowi untuk menghadiri agenda ASEAN US Summit pada 15-16 Februari 2016.

"Selanjutnya, presiden dan rombongan akan menuju ke San Fransisco, California, AS, untuk menyampaikan pidato kunci pada acara US-ASEAN Business Council (US-ABC) pada tanggal 17 Februari 2016," ujar Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana melalui keterangan pers, Senin (15/2/2016).

Dia menjelaskan, Indonesia akan mengusung isu kerja sama perdamaian dan kesejahteraan dalam forum tersebut. Hal itu sebagaimana yang disampaikan Jokowi di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sesaat sebelum bertolak ke negeri Paman Sam.

Presiden Jokowi menilai baik ASEAN maupun AS memiliki kewajiban untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan serta dunia. "Kemitraan ASEAN-AS harus mendatangkan manfaat seimbang bagi kesejahteraan rakyat ASEAN dan AS," kata Presiden.

Dalam isu kesejahteraan, kata Ari, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan sikap Indonesia terhadap ekonomi Indonesia, seperti akan mendorong peningkatan kerja sama ekonomi di bidang UMKM, promosi kewirausahaan dan inovasi, termasuk pengembangan ekonomi digital.

"Saya akan bertukar pikiran dengan para pemimpin ASEAN dan Amerika Serikat mengenai perdamaian di kawasan," tambah Jokowi.

PILIHAN:

Aceh Daerah Terbanyak Selenggarakan Pilkada 2017

Amnesti Din Minimi Dibahas DPR-Pemerintah
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)