Formappi: Target Prolegnas DPR Terlalu Ambisius

Selasa, 26 Januari 2016 - 08:41 WIB
Formappi: Target Prolegnas DPR Terlalu Ambisius
Formappi: Target Prolegnas DPR Terlalu Ambisius
A A A
JAKARTA - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai, DPR telah bersikap ambisius dengan menetapkan 40 RUU dalam Prolegnas Prioritas 2016. Menurutnya, DPR harus menyadari buruknya kinerja legislasi DPR pada tahun 2015 lalu.

Menurut Research Manager Formappi Lucius Karus, kesadaran itu seharusnya memotivasi DPR untuk realistis dalam membuat perencanaan legislasi di tahun 2016 ini.

"Akan tetapi dengan jumlah 40 RUU prioritas untuk tahun 2016, saya kira DPR membebani diri dengan rencana mereka sendiri," ujar Lucius kepada SINDO, Senin 25 Februari 2015 malam.

Namun demikian, kata Lucius, karena sudah memutuskan itu maka DPR harus menunjukkan komitmen mereka untuk merampungkan target legislasi dengan menciptakan kondisi kerja yang mendukung. DPR juga sebisa mungkin perlu menghindari perilakunya yang membuat lembaganya gaduh.

Selain itu, DPR tak perlu menghabiskan semua waktu mereka untuk partai, karena mereka harus menunjukkan komitmen sebagai wakil rakyat dengan bekerja untuk rakyat. Maka, proporsi waktu kerja untuk rakyat harus melebihi porsi waktu kerja untuk partai. DPR perlu juga mengutamakan RUU yang pernah masuk prioritas di 2015.

"Jangan sampai karena kepentingan tertentu, mereka malah membahas RUU baru dan mengabaikan RUU yang sudah mulai berjalan sejak tahun lalu," pungkasnya.

PILIHAN:
Sore Ini, Yusril Layangkan Surat ke Jokowi Soal Ongen

Rapimnas Golkar Akhirnya Sepakat Gelar Munaslub
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5618 seconds (0.1#10.140)