Ignasius Jonan: Pemimpin Harus Bisa Kasih Contoh!

Jum'at, 11 Desember 2015 - 03:11 WIB
Ignasius Jonan: Pemimpin Harus Bisa Kasih Contoh!
Ignasius Jonan: Pemimpin Harus Bisa Kasih Contoh!
A A A
BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan berbagi tips cara mengelola institusi dan peran seorang pemimpin.

Tips itu diungkapkan Jonan saat menjadi pembicara seminar bertema Berbeda untuk Berubah di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Kamis 10 Desember 2015.

Menurut dia, pemimpin institusi atau organisasi harus menjadi contoh yang baik bagi anak buah. Dengan demikian, kata dia, anak buah akan menilai pemimpinnya sebagai sosok yang layak ditiru.

"Yang paling penting itu, pemimpin harus bisa kasih contoh," ujar Jonan. (Baca juga: Jonan Ingin KPK Seimbang dalam Berantas Korupsi)

Dalam mengelola institusi, kata dia, pemimpin tidak boleh mendasarkan atas kedekatan primordial, misalnya mengedepankan SARA.

"Itu enggak boleh, apalagi kalau institusi besar," ucap Jonan dalam acara yang digelar di sela Festival Antikorupsi 2015 itu.

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu juga mengingatkan organisasi harus mengedepankan kinerja dan integritas seluruh anggotanya. "Kinerja dan integritas, itu harus jadi satu," ucap Jonan.

Menurut dia, suatu institusi harus memberikan penghargaan kepada karyawannya yang berkinerja baik. "Yang promosi harus yang jelas berprestasi," tandas Jonan.

PILIHAN:

Pilkada, Cak Imin Minta Kader Kawal Surat Suaran
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8019 seconds (0.1#10.140)