Nama-nama yang Dianggap Layak Jadi Menteri Utama

Kamis, 29 Oktober 2015 - 16:55 WIB
Nama-nama yang Dianggap...
Nama-nama yang Dianggap Layak Jadi Menteri Utama
A A A
JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) membeberkan sejumlah nama yang dianggap layak menjabat sebagai menteri utama. (Baca: Survei LSI: Jokowi Butuh Menteri Utama)

Mereka adalah Luhut Binsar Panjaitan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Berdasarkan hasil survei LSI sebanyak 52,3% responden menilai Luhut layak menduduki posisi sebagai menteri utama. Urutan kedua adalah Jusuf Kalla (JK) yang kini sebagai Wakil Presiden.

Sebanyak 14,3% responden menilai pria yang akrab disapa JK itu layak menduduki posisi tersebut.

Lalu, urutan ketiga adalah Rini Soemarno yang kini sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara. Sebanyak 9,8% responden memilih Rini Soemarno.

Urutan keempat adalah Rizal Ramli yang kini sebagai Menteri koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya. Dia dipilih oleh sebanyak 8,7% responden.

"Banyak juga nama-nama menteri yang lain yang muncul dalam survei ini, namun dukungan publik tidak besar, rata-rata di bawah 3%," ujar peneliti LSI Dewi Arum di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (29/10/2015).

Dia mengungkapkan, ‎tanpa operator pemerintahan yang diberi wewenang khusus dikhawatirkan pemerintahan semakin tidak terkoordinasi dan bertambah buruk.

Adapun yang dimaksud dengan menteri utama adalah orang yang dipercaya Jokowi untuk membantu mengelola pemerintahan atau menjadi operator pemerintahan.

Menurut survei LSI, publik merespons positif isu menteri utama itu karena alasan peningkatan kinerja pemerintahan.


PILIHAN:
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0815 seconds (0.1#10.140)