Social Entrepreneurship

Kamis, 10 September 2015 - 11:57 WIB
Social Entrepreneurship
Social Entrepreneurship
A A A
AHMAD MAHERUL SAMSU
Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro,
Fakultas Teknologi Industri
(UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini dapat dikatakan dalam situasi yang mengkhawatirkan. Negeri ini perlu terobosan baru untuk meningkatkan nilai ekonomi sekaligus menciptakan kepedulian sosial pada semua lapisan masyarakat.

Kewirausahaan sosial atau social entrepreneurship dapat dijadikan sebagai salah satu solusi alternatif bagi negara yang sedang berkembang untuk memperbaiki sosial-ekonomi masyarakat miskin menjadi lebih baik. Kewirausahaan sosial merupakan istilah turunan dari kewirausahaan yang bergerak di bidang sosial.

Keuntungan materi (profit) atau kepuasan pelanggan bukan merupakan tujuan utama yang ingin dihasilkan, melainkan terwujudnya dampak positif bagi masyarakat yang ingin dihasilkan dari serangkaian proses gagasan tersebut. Social entrepreneurship tidak terbatas hanya pada aksi sosial semata yang berasal dari sebuah organisasi atau lembaga maupun program corporate social responsibility (CSR) dari sebuah perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar.

Di Indonesia, kegiatan ini masih belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, karena di Indonesia masih belum ada keberhasilan yang menonjol pada skala nasional. Padahal kewirausahaan sosial memiliki peran penting dalam membangun dan memperkuat ekonomi suatu negara. Kegiatan tersebut mampu menciptakan kesempatan kerja, melakukan inovasi serta menjadi modal usaha dan meningkatkan kesetaraan.

Pemerintah harus memberikan dukungan dan perhatian khusus terhadap sektor kewirausahaan sosial maupun para pelaku yang bergerak di dalamnya. Selain itu juga, perlu adanya penanaman nilai dan sifat social entrepreneurship sejak dini melalui sistem pembelajaran atau pendidikan di negeri ini, agar para generasi penerus bangsa ini memiliki mental, attitude, dan karakter yang kuat.

Diharapkan dengan semakin bertumbuh dan berkembangnya sektor ini, ke depannya mampu menjadi salah satu pilar ekonomi bangsa Indonesia dan mampu memberikan suatu perubahan positif pada iklim sosialekonomi yang berpihak pada rakyat dan mampu menciptakan peluang-peluang baru bagi masyarakat secara umum dan secara khusus pada masyarakat yang berada pada level menengah ke bawah, sehingga kondisi sosialekonomi masyarakat menjadi merata dan dapat berkontribusi dalam penguatan ekonomi nasional.
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3330 seconds (0.1#10.140)