Tingkatkan Derajat UMKM Indonesia

Jum'at, 04 September 2015 - 08:38 WIB
Tingkatkan Derajat UMKM Indonesia
Tingkatkan Derajat UMKM Indonesia
A A A
Jumlah pengusaha Indonesia saat ini sekitar 1,65% dari jumlah penduduk Indonesia. Ini merupakan persentase yang rendah bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, misalnya Singapura 7%, Malaysia 5%, dan Thailand 4%.

Padahal dengan jumlah penduduk Indonesia yang banyak ini, akan menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk bisa lebih unggul perekonomiannya dibandingkan dengan negara ASEAN yang lain. Penting untuk meningkatkan jumlah pewira usaha Indonesia. Dari data Badan Pusat Statistik, jumlah pewira usaha per Januari 2012 mencapai 3,75 juta orang.

Ini merupakan sebagian kecil dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa. Peningkatan jumlah pewira usaha Indonesia membutuhkan peran dari semua pihak, baik itu pemerintah, swasta, maupun dari masyarakat Indonesia sendiri. Pemerintah berupaya untuk memberikan modal bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), supaya mereka bisa mengembangkan usahanya.

Swasta juga berperan untuk turut membantu pemerintah dalam mendorong peningkatan derajat UMKM. Peran masyarakat juga tidak kalah penting dalam berupaya untuk terus melakukan inovasi mencari setiap peluang yang ada dalam berusaha. Sinergitas antara peran dari pemerintah, swasta dan masyarakat akan memberikan dampak yang signifikan untuk memajukan UMKM Indonesia.

Peningkatan derajat UMKM Indonesia merupakan salah satu agenda penting yang harus dilakukan, mengingat bahwa 98% dari jumlah pengusaha Indonesia merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Memberikan modal kepada UMKM, baik yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun swasta merupakan salah satu cara untuk meningkatkan derajat UMKM Indonesia.

Modal yang diberikan akan membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dapat mengembangkan dan mempertahankan usahanya di tengah perdagangan bebas yang semakin menyudutkan pengusaha lokal. Di samping itu, peningkatan derajat UMKM akan menyebabkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di negeri ini.

Hal ini disebabkan perekonomian tidak melulu didominasi oleh konglomerat saja. Hadirnya pengusaha di berbagai daerah menyebabkan pembangunan dan perekonomian Indonesia tidak hanya terpusat di perkotaan, tetapi juga merata di berbagai daerah. Dengan begitu, Indonesia akan mampu untuk mengurangi ketimpangan perekonomian antara perkotaan dan pedesaan.

Hadirnya UMKM yang kuat dan mampu bersaing di tengah perekonomian global akan membuat Indonesia mampu bertahan di tengah guncangan perekonomian dunia. Hal ini terbukti dengan peristiwa yang terjadi pada 1998. Saat itu Indonesia dilanda krisis ekonomi, guncangan ini turut membuat perekonomian Indonesia menjadi jatuh, pengusaha besar banyak yang gulung tikar.

Namun, kondisi ini berbeda dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Terbukti bahwa mereka mampu bertahan dibandingkan dengan pengusaha besar. Maka itu, meningkatkan derajat UMKM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fondasi ekonomi Indonesia.

LOLA MULYANTIKA
Mahasiswi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta Universitas Indonesia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5707 seconds (0.1#10.140)