KNPI Pecah Dilanda Konflik Berkepanjangan

Kamis, 04 Juni 2015 - 05:00 WIB
KNPI Pecah Dilanda Konflik Berkepanjangan
KNPI Pecah Dilanda Konflik Berkepanjangan
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua DPP KNPI Drs HM Syukur Sabang mengaku prihatin dengan perkembangan organisasi-organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang kerap dilanda konflik berkepanjangan.

"Sehubungan dengan terlaksananya Kongres Luar Biasa KNPI baru-baru ini. Saya sebagai mantan Pimpinan Harian OKP dan mantan Pimpinan Harian DPP KNPI sangat menyesalkan," katanya, dalam pesan elektronik, Kamis (4/6/2015).

Ditambahkan dia, munculnya aksi Kongres Luar Biasa adalah bentuk pencarian solusi yang tidak elegan, bahkan menodai proses pendidikan demokrasi pemuda Indonesia yang mutlak menghargai sistem dan mekanisme pengambilan keputusan organisasi.

"Apalagi jika pelaksanaan kongres luar biasa tersebut didorong oleh faktor like and dislike atau faktor kepentingan kelompok-kelompok tertentu termasuk kepentingan politik," tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengusulkan adanya model penyelesaian perbedaan pendapat dan konflik internal organisasi dengan melibatkan segenap unsur yang terkait, sehingga kompleksitas permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan.

"Dengan demikian seluruh langkah organisatoris yang hendak ditempuh senantiasa dalam ukuran-ukuran objektif, bukan subjektif," ungkapnya.

Lebih jauh, dia meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menunjukan perhatian dan bimbingannya dalam menata dan mengelola bentuk pembinaan terhadap KNPI sebagai satu-satunya organisasi pemersatu pemuda Indonesia.

"Keberpihakan Kemenpora dalam merespon setiap tuntutan dan tantangan yang dialami KNPI dewasa ini adalah sesuatu yang niscaya. Pemerintah memiliki peran penting," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3328 seconds (0.1#10.140)