Jaksa Agung: Persiapan Eksekusi Mati Duo Bali Nine Sudah 95%

Selasa, 03 Maret 2015 - 15:06 WIB
Jaksa Agung: Persiapan Eksekusi Mati Duo Bali Nine Sudah 95%
Jaksa Agung: Persiapan Eksekusi Mati Duo Bali Nine Sudah 95%
A A A
JAKARTA - Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan proses eksekusi mati dua terpidana mati Andrew Chan dan Myuran Sukumaran segera dilakukan. Artinya, duo Bali Nine asal Australia itu tinggal menunggu waktu untuk dieksekusi mati oleh tim regu tembak yang disiapkan Brimob Polda Jawa Tengah.

Menurut Prasetyo, proses pemindahan duo Bali Nine dari Lapas Kerobokan Bali menuju ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah akan segera dilakukan dalam beberapa hari ini.

"Ya kira-kira 95% (persiapan ekesekusi mati) lah ya, tinggal sisa 5% lagi tentunya evakuasi dan sebagainya," ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (3/3/2015).

Prasetyo melanjutkan, meski belum dijadwalkan kapan hari pelaksanaan eksekusi mati dilaksanakan, namun pihaknya mensinyalir eksekusi akan dilakukan dalam pekan ini.

Dia berharap, para terpidana mati tidak terlalu lama menghuni sel isolasi untuk mengurangi beban psikogolis jelang eksekusi mati. Jika persiapan dianggap sudah matang, maka terpidana bisa langsung dibawa ke Nusakambangan untuk dilakukan eksekusi.

"Kita kumpulkan di Nusakambangan, baru setelah itu eksekusi akan kita tentukan harinya," tandasnya.

Seperti diketahui, duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran tengah menjalani masa isolasi di Lapas Kerobokan Bali. Keduanya segera dipindahkan ke Lapas Nukasambangan, Cilacap Jawa Tengah sebelum dieksekusi mati.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4319 seconds (0.1#10.140)