Politik

PDIP siap serahkan DCS ke KPU

Selasa,  9 April 2013  −  15:39 WIB
PDIP siap serahkan DCS ke KPU
Ilustrasi.

Sindonews.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo mengakui, partainya akan menyerahkan daftar calon sementa (DCS) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sekira 20 April 2013. Tapi, pada dasarnya kapanpun diminta untuk menyerahkan DCS, PDIP siap menyerahkannya.

"Sudah 90 persen kembalikan formulir KPU. Hasil psikotes juga hampir semua selesai dari 22 ribu bakal caleg se-Indonesia, Kuota perempuan alhamdulillah terpenuhi semua," ujarnya saat dihubungi wartawan, Selasa (9/4/2013).

Dia menambahkan, partainya sudah mempersiapkan bakal calon (balon) sementara untuk DPR RI atau DPRD propivinsi dan DPRD kabupaten, kota se-Indonesia dengan total 22 ribu bakal caleg.

Pada kesempatan itu dia mengatakan, semua warga Indonesia mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk mengikuti mekanisme pencalegan. Namun PDIP tidak bisa menampung semua yang mendaftar menjadi caleg. Maka itu, dia meminta maaf, jika tidak semua nama-nama itu terakomodir.

Sekadar diketahui, selain PDIP yang siap menyerahkan DCS ke KPU adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

PKS menargetkan penyerahan DCS ke KPU serentak pada tanggal 9 April 2013 hari ini. Hal itu bentuk kesiapan PKS menhadapi Pemilu 2014.

"Kami punya terget ada pendaftaran serentak diseluruh Indonesia, pada tanggal 9 April nanti," ujar Sekretaris Fraksi PKS Abdul Hakim saat dihubungi wartawan, Sabtu 30 Maret 2013 lalu.


(mhd)

views: 696x

 

shadow