alexa snippet

Fadli Zon Dukung Penangguhan Kerja Sama Militer dengan Australia

Fadli Zon Dukung Penangguhan Kerja Sama Militer dengan Australia
Fadli Zon Dukung Penangguhan Kerja Sama Militer dengan Australia
A+ A-
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan meminta keterangan resmi dari TNI terkait penangguhan kerja sama militer dengan Australia. Meski demikian, Wakil Ketua DPR Fadli Zon percaya kebijakan penangguhan kerja sama dengan Australia ini telah melalui pertimbangan matang.

”Dalam hal ini kita dukung sikap pemerintah untuk mengedepankan kepentingan nasional,” kata Fadli Zon dalam siaran pers yang diterima SINDOnew, Kamis (5/1/2017).

Jika terbukti materi pelatihan militer Australia bermuatan negatif tentang Indonesia serta menghina Pancasila, maka Pemerintah Indonesia harus meminta keterangan resmi dari Pemerintah Australia. ”Sebab hal ini telah menyangkut ideologi dasar negara,” ujarnya.

Fadli mengatakan, hal ini penting dilakukan agar terbangun mutual trust dalam hubungan kerja sama Indonesia-Australia. Menurutnya, hubungan bilateral yang baik tidak hanya didasarkan pada unsur saling menguntungkan, tapi juga kesetaraan dan saling  percaya (mutual benefit, equality, and mutual trust).

Wakil ketua umum Partai Gerindra ini berharap kerja sama militer Indonesia dan Australia dapat kembali berjalan baik. Hubungan kerja sama kedua negara memang strategis dan harus stabil.

Dengan letak geografis berdekatan, kedua negara sama-sama memiliki tantangan keamanan yang tidak mudah sehingag butuh kerja sama kuat. ”Misalnya dalam melawan terorisme, human trafficking, keamanan maritim, dan ancaman keamanan kawasan lainnya,” tuturnya.



(poe)
views: 6.530
loading gif
Top