Orangtua Perlu Awasi Situs Internet yang Diakses Anak

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 17:52 WIB
Orangtua Perlu Awasi Situs Internet yang Diakses Anak
Orangtua Perlu Awasi Situs Internet yang Diakses Anak
A A A
JAKARTA - Perkembangan internet membuka celah masuk dan berkembangnya paham radikal. Anak muda yang mengakses informasi radikal itu berpeluang besar menjadi radikal, bahkan menjadi pelaku teror, seperti aksi di Tangerang kemarin.

Namun, internet tidak sepenuhnya buruk, karena melalui internet pula informasi yang baik dan benar terkait agama dan nasionalisme dapat disebarluaskan ke masyarakat. Hanya, para orangtua perlu mengawasi aktivitas anak muda di dunia maya.

"Kami di BNPT juga memiliki divisi yang khusus menangani radikalisme di dunia maya. Divisi ini bertugas untuk memberikan kontra narasi terhadap konten-konten radikal yang sangat meresahkan,” ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius, kepada peserta Dialog Sinergisitas Masyarakat Dalam Menangkal Radikalisme, Jumat (21/10/2016).

Dia berjanji berusaha maksimal menanggulangi radikalisme dan terorisme. Salah satunya, kata dia dengan menjalin kerja sama dengan 17 kementerian. Menurutnya terorisme adalah kejahatan yang tidak terjadi secara tiba-tiba, ada proses panjang sebelum akhir terorisme meresap ke pikiran dan sikap seseorang. (Baca: Penyerang Pospol Pernah Jenguk Pimpinan Jamaah Ansharut Daulah)

"Orangtua minimal harus tahu situs-situs apa saja yang sering diakses anak-anaknya. Jangan sampai mereka menjadi radikal karena mengakses internet tanpa ada pengawasan," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6614 seconds (0.1#10.140)