Kementerian Pertahanan Berencana Luncurkan Satelit Militer

Jum'at, 01 Juli 2016 - 14:58 WIB
Kementerian Pertahanan Berencana Luncurkan Satelit Militer
Kementerian Pertahanan Berencana Luncurkan Satelit Militer
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai negara yang besar membutuhkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang canggih untuk menjaga dan mengamankan kedaulatan wilayahnya.

Atas dasar itu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) berencana meluncurkan satelit militer pada 2019 mendatang. "Iya, enggak boleh campur-campur kan rahasia. Kalau satelit umum bisa untuk umum, perusahaan dan macam-macam. Kalau satelit militer itu harus rahasia," tutur Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat melepas keberangkatan 360 pegawai Kemhan dalam acara Mudik Bersama di Kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (1/7/2016).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan Kemhan telah membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan rencana tersebut. "Kita sudah ada kerja sama setahun ini dengan Airbus," ujarnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyerahkan sepenuhnya rencana tersebut kepada Kemhan.

"Kalau ada satelit maka akan kita gunakan semaksimal mungkin untuk TNI. Termasuk dengan BRI. TNI kerja sama dengan BRI mudah-mudahan dapat slot untuk digunakan oleh TNI karena satelit besar sekali bagi kepentingan TNI," tutur Gatot.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5119 seconds (0.1#10.140)