Gaji Guru Honorer Horor

Selasa, 15 September 2015 - 19:40 WIB
Gaji Guru Honorer Horor
Gaji Guru Honorer Horor
A A A
HARI ini Gedung Parlemen Indonesia, Senayan, Jakarta, disambangi 20 ribuan orang elemen guru yang berasal dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama guru honorer. Salah satu agenda mereka adalah menyampaikan aspirasi kepada para anggota dewan baik itu DPR maupun DPD.

Menanggapi aksi para guru honorer itu, pemerintah harusnya berterima kasih atas pengabdian mereka. Walaupun belum digaji layak, tetapi tanpa lelah mereka terus mengedukasi anak bangsa.

Bayangkan jika tidak ada guru honorer. Akan banyak anak-anak kita tidak mendapat pengajaran yang sempurna. Guru honorer juga manusia, butuh penghidupan layak.

Apakah layak menggaji para pemberi cahaya bagi anak bangsa sebesar 300 ribu setiap bulan. Sudah banyak jasa guru honorer bagi bangsa ini, tetapi kenapa gajinya horor.

Idealnya gaji honorer dinaikkan menjadi minimal Rp3 juta tiap bulan. Keuangan negara (ABPN) tidak akan kolaps jika dialokasikan untuk menggaji para guru honorer dengan layak.

Kami (DPD) akan mendesak pemerintah agar semua guru honorer diberikan upah yang layak. Selain itu, DPD akan mendesak semua kepala daerah agar dalam setiap APBD yang mereka susun harus ada komponen untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer.

Sebenarnya kehadiran para guru honorer membantu tugas kepala daerah untuk mencerdaskan kehidupan anak-anak di daerah mereka sesuai amanat konstitusi. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengalokasikan APBD untuk meningkatkan kesejahteraan para guru honorer di seluruh Indonesia. Kami akan terus berdiri dan berjuang bersama para guru honorer mendapatkan hak-haknya.

Patut diketahui, saat ini Indonesia masih masih kekurangan sekitar 400 ribu guru SD terutama untuk guru kelas, olahraga dan agama. Kekosongan inilah yang banyak diisi oleh para guru honorer.

FAHIRA IDRIS
Wakil Ketua Komite III DPD
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4448 seconds (0.1#10.140)