Pengamat: Ada Upaya Delegitimasi Sosok Menteri di Kabinet

Kamis, 02 Juli 2015 - 05:33 WIB
Pengamat: Ada Upaya Delegitimasi Sosok Menteri di Kabinet
Pengamat: Ada Upaya Delegitimasi Sosok Menteri di Kabinet
A A A
JAKARTA - Diungkapnya informasi menteri kecilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari belakang oleh Mendagri Tjahjo Kumolo dinilai memiliki motif politik tertentu.

"Menurut saya memang ada upaya delegitimasi terhadap beberapa sosok di kabinet," ujar Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto ketika dihubungi Sindonews, Kamis (2/7/2015).

Ditambah lagi, kata dia, kondisi faktualnya menteri-menteri yang jadi target itu juga kinerjanya belum optimal. Selain itu, sosok menteri itu dianggap jadi ganjalan komunikasi yang dibangun antara Jokowi dengan partai tempatnya bernaung.

"Tambah lagi ada pintu masuk beberapa kejadian yang mencoba membuat hubungan antagonistik antara presiden dengan beberapa menterinya. Soal siapa yang berkepentingan? Lihat saja siapa yang meletupkannya," tandasnya.

Kendati demikian, dia menilai, para menteri Kabinet Kerja juga harus instropeksi diri apakah sudah optimal bekerja selama beberapa bulan pemerintahan Jokowi berkuasa.

"Salah satu cara ampuh membentengi diri dari serangan harusnya adalah kinerja optimal. Jika kerja keras dan hasilnya dirasakan, serangan sedahsyat apapun tak akan berpengaruh pada persepsi publik," pungkasnya.

PILIHAN:
Ahmad Dhani: Yang Diganti Menteri atau Presidennya?

Reshuffle Kabinet Bakal Sarat Politik Transaksional
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6102 seconds (0.1#10.140)