Getaran Gempa Aceh Singkil Dirasakan Kuat di Empat Kabupaten

Senin, 16 Januari 2023 - 08:17 WIB
loading...
Getaran Gempa Aceh Singkil Dirasakan Kuat di Empat Kabupaten
Gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin (16/1/2023) sekitar pukul 05.30 WIB. FOTO ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Aceh Singkil , Provinsi Aceh, Senin (16/1/2023) sekitar pukul 05.30 WIB. Getaran gempa dirasakan di empat kabupaten, yakni Aceh Singkil, Tapanuli Tengah, Nias Utara, dan Aceh Selatan.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan BPBD Aceh Singkil, gempa yang berpusat 47 km tenggara Kabupaten Aceh Singil dengan kedalaman 23 km membuat warga panik.

"Gempa dirasakan 3-10 detik di empat kabupaten yakni Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Aceh Selatan," kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/1/2023).

Getaran Gempa Aceh Singkil Dirasakan Kuat di Empat Kabupaten


Baca juga: Breaking News! Gempa M6,2 Guncang Aceh Singkil

BPBD Aceh Singkil segera menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

"Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa," kata Abdul Muhari.

BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa. Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan meski BMKG menyatakan gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami.

Baca juga: Gempa M 6,2 Aceh Singkil Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia

"Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)