Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Jokowi Tekankan Pelindungan Pekerjaan Migran Indonesia

Jum'at, 30 Desember 2022 - 14:32 WIB
loading...
Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Jokowi Tekankan Pelindungan Pekerjaan Migran Indonesia
Presiden Jokowi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Seri Diraja Zambry Abdul Kadir beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/12/2022). FOTO/BIRO PERS SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/12/2022).Jokowi menyampaikan selamat atas pemerintahan baru Malaysia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

Dalam keterangannya selepas mendampingi presiden, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi memberikan perhatian utama terhadap isu pelindungan warga negara Indonesia di Malaysia. Presiden, kata Retno, berharap di bawah kepemimpinan PM Anwar sistem perekrutan pekerja migran Indonesia melalui sistem penempatan satu kanal atau one channel system (OCS) dapat berjalan baik.

"Di sinilah Menteri Luar Negeri Malaysia kembali menyampaikan komitmen mengenai pelindungan pekerja migran Indonesia di Malaysia," kata Retno dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).



Selanjutnya, presiden juga menyambut baik rencana kunjungan PM Anwar Ibrahim ke Indonesia yang dijadwalkan pada Januari 2023. Berkaitan dengan hal tersebut, presiden meminta Menlu Retno untuk menyiapkan sejumlah kerja sama konkret dengan Malaysia.

"Jadi, sudah ada komitmen bahwa PM Anwar Ibrahim akan melakukan kunjungan ke Indonesia dan saya diminta untuk mempersiapkan kerja sama-kerja sama konkret yang dapat dihasilkan dari kunjungan PM Anwar Ibrahim ke Indonesia," katanya.

Selain itu, menurut Retno, dalam pertemuan itu, Menlu Malaysia Dato' Seri Zambry menyampaikan dukungan dan kepercayaannya terhadap Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN tahun depan. Menlu Malaysia mengatakan keketuaan Indonesia merupakan keketuaan yang sangat kuat di tengah tantangan global yang cukup banyak.

Baca juga: PMI Korban Kekerasan Majikan di Malaysia Kembali ke Tanah Air, Kartini Perindo: Terima Kasih BP2MI dan Kemenlu

"Dato' Sri Zambry menyampaikan keyakinannya bahwa keketuaan Indonesia adalah keketuaan yang sangat kuat di tengah situasi yang memang memerlukan keketuaan yang kuat karena situasi dunia dan kawasan saat ini tantangannya cukup banyak," kata Menlu.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)