Mengenal 8 Ketua Umum PPP dari Masa ke Masa

Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:57 WIB
loading...
Mengenal 8 Ketua Umum PPP dari Masa ke Masa
Terdapat sejumlah Ketua umum PPP atau Partai Persatuan Pembangunan yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Ketua umum PPP atau Partai Persatuan Pembangunan yang bisa diketahui. Sejak berdiri pada 5 Januari 1973, tak heran jika Partai berlambang Kakbah ini sering bergonta ganti ketua umum.

Berdirinya partai ini bermula dari penyatuan empat partai yang berbasis Islam yakni Partai Nahdlatul Ulama, Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII), dan Partai Islam Perti.

Selain itu partai ini juga dipelopori oleh beberapa tokoh besar yakni KH Idham Chalid (Ketua Umum PBNU), H.Mohammad Syafaat Mintaredja (Ketua Umum Parmusi), SH, Haji Anwar Tjokroaminoto ( Ketua Umum PSII), Haji Rusli Halil (Ketua Umum Perti), dan Haji Maskur (Ketua Kelompok Persatuan Pembangunan di DPR).

Baca juga : 5 Ketua Umum Partai Demokrat dari Masa Kemasa

Bertahannya PPP hingga sekarang ini tak lepas dari sosok peranan ketua umum yang telah berhasil memimpin sejak awal mula partai berdiri.

Berikut 8 ketua umum PPP sejak awal berdirinya partai hingga sekarang ini seperti dikutip dalam laman resminya.

1. Mohammad Syafaat Mintaredja

Mohammad Syafaat Mintaredja merupakan ketua umum PPP pertama. Jabatan Ketua Umum PPP diemban Syafaat selama 5 tahun yakni 5 Januari 1973 hingga 1978.

Sebelum menjadi ketua partai, Syafaat adalah seorang Menteri Penyelenggaraan Hubungan antara Pemerintah dengan MPR, DPR-GR, dan DPA yang menjabat pada Juni 1968-September 1971. Kemudian ia juga ditunjuk kembali sebagai menteri sosial selama September 1971-Maret 1978.

2. Djaelani Naro
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)