Penghentian PPKM Dinilai Bisa Jadi Langkah Awal Menuju Endemi

Senin, 26 Desember 2022 - 18:21 WIB
loading...
Penghentian PPKM Dinilai Bisa Jadi Langkah Awal Menuju Endemi
Warga melintas di depan mural berisi pesan tentang protokol kesehatan Covid-19 di kawasan Terogong, Jakarta, Minggu (20/12/2020). Foto/Dok MPI/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Penghentian kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM ) dinilai bisa menjadi langkah awal untuk transisi dari pandemi menuju endemi Covid-19 . Rencana pemerintah menghentikan kebijakan PPKM didukung ahli epidemiologi.

"Kita siapkan transisi menuju Covid-19 bukan kedaruratan lagi secara bertahap, dimulai dengan pencabutan PPKM," ujar ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Iwan Ariawan, Senin (26/12/2022).

Capaian vaksinasi booster terutama pada masyarakat lanjut usia (lansia) harus ditingkatkan saat kebijakan PPKM itu dicabut. Mempertahankan Keputusan Presiden (Keppres) terkait Covid-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat dinilai sebagai strategi lain menuju endemi.





"Sampai kondisi wabah Covid-19 di Indonesia tetap terkendali pasca-pencabutan PPKM atau WHO mencabut PHEIC (Public Health Emergency of International Concern) Covid-19," tuturnya.

Selain itu, semua unsur perlu dilibatkan ketika transisi dari pandemi menuju endemi. Dukungan masyarakat dinilai sangat penting, bisa dengan vaksinasi Covid-19 lengkap sesuai usia atau kelompoknya.

Kemudian, mengurangi risiko tertular Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan pada tempat yang berisiko, seperti di kendaraan umum, rumah sakit, atau kerumunan. "Melakukan tes Covid-19 dan isolasi mandiri jika ada gejala penyakit infeksi saluran pernafasan akut," imbuhnya.

Diketahui, Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Indonesia sudah memasuki masa endemi Covid-19 berdasarkan kriteria dari badan kesehatan dunia (WHO). Sebab, penularan Covid-19 di Tanah Air berada di level 1 selama 12 bulan.

"Artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan, artinya secara negara sebelumnya kita masuk pandemi sudah berubah menjadi endemi dan ini sudah level 1," kata Airlangga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengakhiri PPKM tahun depan. Adapun syaratnya antara lain tingkat kekebalan masyarakat terhadap Covid-19. Hal itu bisa dilihat dari sero survei yang akan dilakukan Kementerian Kesehatan.

"Asal sero survei kita sudah sampai 90 persen, ya artinya kita kemungkinan sudah baik. Ada apa pun, dari mana pun, seharusnya sudah tidak ada masalah," ujar Jokowi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2548 seconds (0.1#10.140)