Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

Sabtu, 24 Desember 2022 - 18:02 WIB
loading...
Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan saat memberikan keterangan kepada media di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2022). FOTO/MPI/WIDYA MICHELLA
A A A
JAKARTA - Puncak arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diperkirakan terjadi pada malam hari ini, Sabtu (24/12/2022). Korlantas Polri telah mengantisipasinya dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di malam Natal.

"Sesuai prediksi yang kita lakukan berdasarkan beberapa masukan dari stakeholder, puncak arusnya 23 sampai 24 Desember," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan saat ditemui wartawan di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2022).

Aan mengatakan, peningkatan arus lalu lintas terjadi sejak Jumat (23/12/2022) atau saat siswa mulai libur sekolah. Namun diakuinya, peningkatan arus lalu lintas tidak begitu signifikan karena sudah terbagi dalam beberapa waktu.



Korlantas memerkirakan kenaikan pengendara akan terjadi pada arus balik, 1 Januari 2023 mendatang. "Sudah terbagi untuk keberangkatannya, nanti kita antisipasi kembalinya karena kembalinya kemungkinan serentak tanggal 1 nantinya," katanya.

Polri juga telah memetakan daerah-daerah lawan kecelakaan lalu lintas (laka) di beberapa ruas jalan tol dan jalur wisata. Mengantisipasi hal tersebut Korlantas Polri bekerja sama dengan Kemenhub untuk menggelar rampcheck di setiap terminal bus.

"Kita sudah bekerja sama dengan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk mengadakan rampcheck dan memasukkan seluruh bus wisatawan ke terminal, sehingga ke tempat wisata betul-betul sesuai peruntukkan dan sehat," katanya.

Baca juga: H-1 Natal, Arus Mudik di Tol Cipali Subang Padat Kendaraan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)