5 Panglima TNI yang Pernah Merangkap Jabatan Sebagai Menteri, Nomor Terakhir Presiden

Kamis, 22 Desember 2022 - 15:42 WIB
loading...
5 Panglima TNI yang Pernah Merangkap Jabatan Sebagai Menteri, Nomor Terakhir Presiden
Sejarah mencatat bahwa terdapat sejumlah Panglima TNI yang pernah merangkap jabatan sebagai Menteri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejarah mencatat bahwa terdapat sejumlah Panglima TNI yang pernah merangkap jabatan sebagai Menteri . Sesuai dengan latar belakangnya, pra panglima tersebut rata-rata menjadi Menteri Pertahanan dan Keamanan.

Dalam sejarahnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah banyak dipimpin oleh Panglima TNI yang berbeda-beda. Dari sekian banyak nama, beberapa di antaranya diketahui pernah merangkap jabatan lain saat menduduki posisi tersebut.

Baca juga : Profil Marsekal Purn Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang Ditunjuk Jadi Menteri ATR

Berikut deretan Panglima TNI yang pernah merangkap jabatan sebagai Menteri.

1. M. Jusuf

Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Jusuf Amir atau biasa dikenal M. Jusuf merupakan salah seorang tokoh militer Indonesia yang cukup berpengaruh di eranya.

Dalam riwayat kariernya, pria kelahiran 23 Juni 1928 ini pernah menempati sejumlah jabatan penting, termasuk Panglima ABRI periode 1978-1983. Uniknya, saat itu M. Jusuf juga merangkap jabatan sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan.

Dikutip dari laman Kemhan, M. Jusuf menduduki posisi Menteri Pertahanan dan Keamanan RI pada Kabinet Pembangunan III periode 28 Maret 1978-19 Maret 1983. Dalam jabatannya, saat itu dia juga berstatus sebagai Panglima ABRI.

2. Edi Sudrajat

Berikutnya ada Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 22 April 1938 ini juga pernah merangkap jabatan kala menjadi Panglima ABRI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8146 seconds (0.1#10.140)