Patriotisme: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Tujuan

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:16 WIB
loading...
Patriotisme: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Tujuan
Sikap patriotisme perlu ditanamkan pada diri setiap rakyat Indonesia. Sikap inilah yang kemudian akan menumbuhkan semangat bela negara untuk Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sikap patriotisme perlu ditanamkan pada diri setiap rakyat Indonesia. Sikap inilah yang akan menumbuhkan semangat bela negara untuk Indonesia, karena sikap patriotisme sangat erat kaitannya dengan nasionalisme.

Patriotisme berasal dari kata patriot dan isme. Kata patriot memiliki makna sikap kepahlawanan atau cinta Tanah Air. Kata patriot berasal dari patria. Sedangkan isme dapat bermakna suatu ajaran, atau paham, atau keyakinan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), patriotisme merupakan sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. KBBI juga mengartikan patriotisme sebagai semangat cinta tanah air.



Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, masyarakat Indonesia bisa melakukan ziarah ke makam para pahlawan, berkunjung ke museum, mengikuti pawai budaya, mengikuti lomba kemerdekaan, mengenal kisah pahlawan dan meneladani sifatnya, serta menonton film-film perjuangan.

Ciri-ciri patriotisme

Seseorang bisa disebut memiliki jiwa patriotisme, apabila:

1. Cinta tanah air
2. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
3. Menempatkan persatuan, kesatuan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan

4. Berjiwa pembaharu
5. Tidak pantang menyerah

Jenis-jenis Patriotisme
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0888 seconds (0.1#10.140)