Pembangunan Infrastruktur di Era Jokowi Dorong Banyak Hal Positif

Rabu, 21 Desember 2022 - 11:57 WIB
loading...
Pembangunan Infrastruktur di Era Jokowi Dorong Banyak Hal Positif
Kereta Api Andalan Celebes di Sulawesi Selatan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Infrastruktur yang dibangun pemerintahan Joko Widodo ( Jokowi ) di daerah dinilai sangat efektif memudahkan pergerakan masyarakat. Salah satunya infrastruktur kereta api Trans Sulawesi yang mendorong banyak hal positif.

Akademisi Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar, Sawedi Muhammad mengatakan, jalur kereta api Trans Sulawesi membuat ongkos transportasi masyarakat menjadi lebih ringan. Selain itu, hadirnya proyek tersebut juga bakal berdampak pada pengurangan konsumsi fosil oil.

"Infrastruktur kereta di Sulsel yang dibangun pemerintah sangat efektif, karena di satu sisi itu akan mengurangi konsumsi fosil oil. Kemudian di sisi lain ongkos transportasi baik logistik maupun penumpang itu akan lebih murah dan efisien," ujar Sawedi, Rabu (21/12/2022).

Sawedi melihat pada era Jokowi pembangunan infrastruktur masif di seluruh daerah. Hal tersebut berhasil menarik investor, sehingga dapat menciptakan penyerapan lapangan kerja bagi masyarakat. "Kita optimistis infrastruktur-infrastruktur yang dubangun Pemerintah (Jokowi) saat ini bisa berdampak positif. Misalnya dengan terserapnya ribuan lapangan kerja, kemudian jual beli barang logistik semakin lancar," katanya.

Selain itu, pemerataan infrastruktur juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat karena angka kemiskinan dapat dipangkas. Infrastruktur juga mendorong terkikisnya kesenjangan sosial antar daerah. "Kita akui pemerataan infrastruktur bisa memiliki multiplier effect positif terhadap pengurangan angka kemiskinan, kesenjangan sosial dan lain sebagainya. Kita apresiasi kinerja pemerintah," kata Sawedi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)