Pemerintah Tegaskan Siap Songsong Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Senin, 19 Desember 2022 - 17:09 WIB
loading...
Pemerintah Tegaskan Siap Songsong Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Memko PMK Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah siap menghadapi perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto: MPI/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK ) Muhadjir Effendy menegaskan pemerintah siap menyongsong perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Pemerintah telah melakukan koordinasi beberapa kali untuk menyambut perayaan Nataru.

“Pada hari ini telah dilaksanakan rapat Kabinet terbatas khusus untuk membahas persiapan menyongsong Nataru tahun 2022-2023. Perlu saya sampaikan bahwa persiapan Nataru secara umum sudah siap. Dan pertemuan-pertemuan koordinasi sudah dilakukan 3 kali sebelum rapat Kabinet terbatas ini,” kata Muhadjir di Istana Negara, Senin (19/12/2022).



Muhadjir mengatakan pertama rapat di tingkat Eselon 1 itu yang diprakarsai oleh Kemenko PMK pada tanggal 5 Desember 2022, kemudian rapat koordinasi yang memberikan titik tekan pada masalah transportasi dilakukan Kementerian Perhubungan pada tanggal 13 Desember 2022, kemudian yang terakhir yaitu rapat koordinasi yang lebih menekankan pada aspek ketertiban dan keamanan itu diselenggarakan di Mabes Polri oleh Kapolri tanggal 16 desember 2022.

“Kemudian tadi Bapak Presiden memberikan arahan beberapa poin sebelum kita paparkan beberapa masalahnya yaitu arahan dari bapak Presiden supaya kita memberikan perhatian yang khusus, hati-hati karena berdasarkan survei potensi yang akan melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain selama Nataru ini ada sekitar 44 juta orang lebih dan ini perlu disiapkan oleh seluruh sektor yang terkait,” kata Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir pun mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga memberikan arahan untuk meningkatkan tentang ketatalaksanaan lalu lintas. “Dan nanti Pak Kapolri akan bisa menjelaskan lebih lengkap,” katanya.



Kemudian yang kedua, lanjut Muhadjir, yaitu kesiapan dari supply dan dan pasokan dan ketersediaan dari bahan-bahan pangan, bahan-bahan pokok yang bukan selama Nataru. “Kemudian yang ketiga yaitu ketersediaan dan kelancaran pasokan bahan bakar minyak BBM.”

Terakhir, kata Muhadjir, yaitu masalah keamanan baik pengamanan di dalam kegiatan peribadatan. “Sehingga bisa menjamin kegiatan peribadatan yang dilakukan oleh umat Kristiani pada perayaan Natal itu berjalan dengan baik tertib aman dan betul-betul bisa hikmat sesuai dengan tujuan dan ibadah itu sendiri.”

“Kemudian juga keamanan dalam masalah perayaan Tahun Baru tahun 2023. Nanti bapak Kapolri akan bisa menjelaskan lebih tentu akan dijelaskan lebih jauh,” tandasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)