Fungsi dan Peran Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Senin, 19 Desember 2022 - 14:59 WIB
loading...
Fungsi dan Peran Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sebagaimana telah diatur dalam pembukaan Undang - Undang Dasar (UUD) 1945. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sebagaimana telah diatur dalam pembukaan Undang - Undang Dasar (UUD) 1945 . Hal tersebut dikarenakan, nilai - nilai yang terkandung dalam setiap silanya merupakan bentuk cerminan kehidupan masyarakat Indonesia.

Dengan adanya nilai tersebut, pancasila memiliki peran dan fungsi sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

Baca juga : Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila, Begini Sejarah Perumusannya

Dikutip dari bpip.go.id, bahwa fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki arti bahwa segala bentuk aktivitas dan kehidupan bangsa harus sesuai dengan nilai yang terkandung di dalamnya.

1. Pancasila harus dijadikan sumber petunjuk untuk menyelesaikan segala bentuk masalah yang melibatkan masyarakat, baik itu permasalahan yang terjadi secara nasional mau Internasional.

2. Pancasila dijadikan dasar untuk menyelesaikan permasalahan persoalan budaya, politik, dan juga ekonomi agar negara Indonesia berkembang menjadi lebih baik.

3. Pancasila dijadikan acuan untuk membangun dirinya yang didasari dengan cita -cita bangsa.

4. Pancasila dijadikan dasar perbedaan dari setiap pandangan yang berbeda, sehingga seluruh elemen masyarakat bersatu padu mewujudkan tujuan bangsa dan negara.

Baca juga : Pancasila sebagai Dasar Negara, Pengertian, Fungsi dan Kedudukannya

Peran pancasila landasan pandangan hidup bangsa Indonesia tertuang dalam setiap silanya, mulai dari sila pertama hingga sila yang kelima.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4148 seconds (0.1#10.140)