Bara JP: Ekonomi Sedang Rumit, Peran BUMN Sangat Penting

Jum'at, 10 Juli 2020 - 17:25 WIB
loading...
Bara JP: Ekonomi Sedang Rumit, Peran BUMN Sangat Penting
FOTO/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S Sirait mengatakan, di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19 , peran perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) sangat penting sebagai katalisator dan integrator untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena itu, dia berharap, BUMN jangan diganggu terutama hal-hal yang berbau politik.

"Di tengah situasi krisis peran BUMN saat ini menjadi vital untuk menjaga supply chain (rantai pasokan), serta sebagai system integrator karena berada di semua sektor industri dan ekonomi masyarakat. Kita berikan kesempatan kepada mereka agar bisa bekerja dengan baik. Jangan diganggu apalagi dalam kaitan politik yang menghabiskan energi yang tak perlu," ujarnya.

Dia mengaku bisa memahami beberapa yang menjadi perdebatan terkait kebijakan yang diambil Kementrian BUMN, banyak masukan dan kritikan. “Namun, kami berharap masukan dan kritikan tersebut terukur tidak mngganggu konsentrasi kita dalam menghadapi masa masa khususnya bisang ekonomi saat ini,” tandasnya. (Baca juga: Update Corona: Positif 72.347 Orang, 33.529 Sembuh dan 3.469 Meninggal)

Menurut dia, saat ini sedang menghadapi persoalan yang cukup rumit dalam hal ekonomi dan mungkin akan semakin sulit ke depan. "Untuk itu pemerintah, Kementerian BUMN sebagai salah satu kementerian yang strategis, masyarakat harus fokus, kreatif, bekerja keras, dan saling mendukung dalam masa-masa sulit seperti ini," katanya.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi juga telah mengingatkan beberapa hal seperti pembangunan infrastruktur harus segera digerakkan karena itu akan sangat memberikan efek pergerakan ekonomi di masyarakat dan ini diperankan oleh BUMN karya.

"Bahkan, bank-bank BUMN juga memiliki peran besar dalam menyelamatkan perekonomian nasional dengan melakukan relaksasi atau restrukturisasi kredit bagi UMKN," katanya.

Dia berharap, BUMN bidang kesehatan juga ikut mengatasi soal harga rapid test atau PCR test yang dirasa masih cukup mahal dan bisa dicarikan solusi terbaik.

Demikian juga lini bisnis lainnya, korporasi BUMN supaya bisa mengambil peran yang baik ke depan, misalnya bidang pangan yang juga sangat strategis demikian juga bidang lainnya. "Sekali lagi kami menggarisbawahi, kita menghadapi persoalan ekonomi yang rumit. Kita mengharapkan Kementerian BUMN melakukan langkah strategis sesuai dengan arahan Pak Jokowi dan biarkan mereka bekerja dengan baik tanpa gangguan," ujarnya.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)