alexametrics

Penjelasan Pemerintah Terkait Penularan Virus Corona lewat Udara

loading...
Penjelasan Pemerintah Terkait Penularan Virus Corona lewat Udara
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19), Achmad Yurianto di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bahwa kemungkinan airborne transmission atau penularan lewat udara virus Corona (Covid-19). Kini, ada kekhawatiran bahwa Covid-19 dicurigai dapat menular juga melalui airborne transmission atau udara.

(Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona Harus dari Lingkungan Terkecil)

"Dalam beberapa hari ini kita mendengar kekhawatiran masyarakat terkait sebaran penyakit ini yang diterjemahkan bisa disebarkan melalui udara," kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19), Achmad Yurianto di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Yuri mengatakan, pemerintah telah melakukan komunikasi dengan WHO terkait dengan informasi ini. Diketahui bahwa sebenarnya virus ini cenderung menyebar melalui micro droplets yang menyebar di ruangan dengan sirkulasi buruk.



"Dari beberapa kali kami mencoba berkomunikasi dengan WHO, sebenarnya kasus ini lebih cenderung disebarkan oleh micro droplets, droplets yang sangat kecil yang kemudian bisa bertahan lebih lama di suatu ruangan manakala ruangan tersebut sirkulasi udaranya tidak berjalan dengan baik," ucap Yuri.

(Baca juga: Kasus Positif Harian Capai 2.657, Jokowi: Ini Sudah Lampu Merah)



Sehingga partikel-partikel droplet ini kata Yuri, tertahan melayang-layang cukup lama di udara. "Memungkinkan siapapun yang nantinya berada di ruangan tersebut dan tidak terlindung karena tidak menggunakan masker atau menggunakan masker tetapi digunakan dengan cara yang tidak tepat, akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan penularan," jelas Yuri.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar memastikan ruang kerja kita mempunyai sirkulasi yang baik. "Sekali lagi kita ingat kan, yang pertama upayakan di semua ruang kerja kita dijamin sirkulasi udaranya berlangsung dengan baik. Sehingga setiap saat udara bisa kita gantikan dengan udara baru yang lebih segar," kata Yuri.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak