Hadiri Pertemuan EU-ASEAN, Jokowi Bertolak ke Belgia Pagi Ini

Selasa, 13 Desember 2022 - 07:16 WIB
loading...
Hadiri Pertemuan EU-ASEAN, Jokowi Bertolak ke Belgia Pagi Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Brussels, Belgia guna berpartisipasi dalam pertemuan Uni Eropa dan ASEAN (EU-ASEAN Summit) pagi ini Selasa (13/12/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Brussels, Belgia guna berpartisipasi dalam pertemuan Uni Eropa dan ASEAN (EU-ASEAN Summit) pagi ini Selasa (13/12/2022). EU-ASEAN Summit akan diselenggarakan pada Rabu 14 Desember 2022.

Keberangkatan Presiden Jokowi ini diketahui dari agenda resmi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Wapres sendiri yang akan melepas keberangkatan Presiden Jokowi di Gedung VVIP Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten.

“Pukul 09.00 WIB, (Wapres) melepas keberangkatan Presiden RI beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo kunjungan kerja ke Belgia,” dari agenda Wapres yang diterima.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi EU-ASEAN pertemuan yang dilakukan para pemimpin Uni Eropa dan ASEAN di Brussels ini untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik keduanya.

Saat ini, Indonesia telah resmi menjadi ketua ASEAN periode 2023 sejak ditetapkan pada 13 November 2022 lalu usai upacara penutupan KTT ke-40 dan ke-41 ASEAN di Hotel Sokha Phnom Penh.

Bahkan pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan tiga poin penting. Pertama, Jokowi mendorong untuk menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya. Piagam ASEAN harus menjadi pegangan untuk bergerak maju. Oleh karenanya, Piagam ASEAN harus diterapkan dalam satu keutuhan dan tidak tebang pilih.

Kedua, Presiden Jokowi mendorong penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN. Menurut Presiden Jokowi, dalam 20 tahun ke depan tantangan yang kita hadapi akan semakin berat. Hal tersebut harus dijadikan momentum untuk berbenah dan perkuat institusi dan kapasitas ASEAN.

Ketiga, menurut Presiden Jokowi adalah memperkuat peran ASEAN dalam mewujudkan kawasan yang tangguh. Ketangguhan ASEAN akan dinilai dari cara ASEAN membangun ketahanan pangan dan energi, kemandirian kesehatan, hingga stabilitas keuangan kawasan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)