Wapres Akui Covid-19 Ubah Semua Tatanan Kehidupan Termasuk Kesehatan

Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:59 WIB
loading...
Wapres Akui Covid-19 Ubah Semua Tatanan Kehidupan Termasuk Kesehatan
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan, bahwa adanya pandemi Covid-19 telah mendorong adanya transformasi digital di sektor kesehatan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan, pandemi Covid-19 telah mendorong adanya transformasi digital di sektor kesehatan. Mengingat, Covid-19 memaksa sektor kesehatan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di situasi yang sangat dinamis.

"Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan termasuk sektor kesehatan yang dipaksa untuk bertransformasi agar lebih kapabel dan lincah merespons tantangan baru," kata Wapres saat menghadiri seminar online Satu Sehat Fakultas Kesehatan Masyarakat UI secara virtual, Sabtu (10/12/2022).

Wapres pun mengatakan kabar baiknya pandemi telah menguak kelemahan dalam sistem yang selama ini berjalan secara manual sehingga memicu dilakukannya perbaikan-perbaikan dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Hal ini antara lain menjelma dalam bentuk penggunaan aplikasi kesehatan yang kini semakin masif menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas kita sehari-hari," ucapnya.

Baca juga: Waspadai Lonjakan Covid-19

Wapres pun mengapresiasi platform layanan kesehatan Satu Sehat yang telah diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan cetak biru strategi transformasi digital kesehatan tahun 2024.

"Saya memandang Satu Sehat memiliki tujuan yang sangat baik, Satu Sehat menjadi platform digital kesehatan yang mengintegrasikan history, resume medis pasien dari berbagai fasilitas kesehatan. Hal ini akan memberikan kemudahan sekaligus nilai keekonomian bagi pasien," paparnya.

Selain itu Wapres menegaskan, dengan adanya sistem Satu Sehat dapat terbentuk ekosistem kesehatan digital yang sulit yang akan berkontribusi dalam memperkokoh ketahanan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat secara menyeluruh.

"Transformasi digital kesehatan yang mampu menciptakan kemudahan bagi masyarakat sekaligus memiliki dampak positif terhadap ekonomi kesehatan di Indonesia mesti terus kita kembangkan," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)