Peringati Hari Armada, Markas Koarmada I Resmi Pindah dari Jakarta ke Tanjungpinang

Senin, 05 Desember 2022 - 14:25 WIB
loading...
Peringati Hari Armada, Markas Koarmada I Resmi Pindah dari Jakarta ke Tanjungpinang
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menghadiri peringatan Hari Armada di Makoarmada RI, Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Markas Komando Armada (Koarmada) I kini secara resmi berpindah dari Jakarta ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Perpindahan tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Armada yang jatuh pada hari ini Senin, 5 Desember 2022,

Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Markas Koarmada Republik Indonesia (Makoarmada RI) saat menggelar upacara peringatan Hari Armada RI 2022.

"Pada Hari Armada tahun ini merupakan Hari Armada yang spesial karena bersamaan dengan peresmian dislokasi Koarmada I beserta jajarannya yang baru (di Tanjungpinang)," ujar Yudo, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Koarmada I Bakal Dipindah ke Riau, Ini Pertimbangan KSAL Yudo

Yudo menambahkan, tidak hanya Markas Koarmada yang pindah ke Tanjungpinang. Namun, beberapa markas lain juga ikut dipindahkan. "Guskamla I yang dari Batam kita pindah ke Sabang, kemudian Guspurla I yang sebelumnya di Jakarta kita pindah ke Ranai untuk mengamankan Natuna, kemudian Lantamal IV Tanjungpinang yang sekarang ditempatkan Koarmada I dipindah ke Batam, dan Lanal Natam kita pindah ke Tanjunguban," ungkapanya.

Baca juga: Laut China Selatan Rawan, Panglima TNI dan KSAL Sepakat Koarmada I Dipindah ke Riau

Yudo berharap, dengan adanya pemindahan penempatan tersebut hal itu akan membuat Koarmada RI semakin solid dan terus menjadi garda terdepan dalam mengamankan NKRI. Terlebih, dalam segi pelayaran.

"Dengan organisasi yang baru saya harapkan Koarmada RI semakin solid, semakin profesional, modern tentunya dapat menjaga kedaulatan NKRI dan juga mampu menegakkan hukum di laut sehingga laut kita menjadi kondusif dan dapat menjamin keamanan pelayaran seluruh dunia," tuturnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2507 seconds (10.101#12.26)